Nasional

MPR, BPIP, dan Kaukus Pancasila DPR Gelar Festival Pendidikan Pancasila

JAKARTA, SENAYANPOST.com – MPR RI bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kaukus Pancasila DPR RI dan Yayasan Cahaya Guru, akan menggelar Festival Pendidikan Pancasila, pada Rabu (2/5/2018) mendatang.

Demikian disampaikan Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (1/5/2018). Hadir anggota FPDIP MPR RI Eva Kusuma Sundari, Deputi BPIP Soni Suharsono, dan lain-lain.

Festival itu digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan diikuti 12 sekolah berasal dari berbagai daerah yang telah mempraktekkan nilai-nilai Pancasila dalam kesehariannya.

Ke-12 sekolah tersebut antara lain 1. SDN 1 Cisarua, Tegal Waru, Jawa Barat, 2. SMAN Siwalima Ambon Maluku, 3. SMPN 4 Pandak, Bantul Yogyakarta, 4. Yayasan Kanisius, 5. Yayasan Al-Izhar, 6. Yayasan Samipalar, Bandung, Jawa Barat.

Ke-7. SMP Pawiyatan Daha Satu, Kediri, Jawa Timur, 8. TK-SMA Iskandar Muda, Yayasan Iskandar Muda, Medan Sumatera Utara, 9. SMA Bakti Karya Parigi, Cimakarya Parigi, Ciamis, Jawa Barat, dan 10. Yayasan Qoriyah Toyyibah, Salatiga, Jawa Tengah, 11. Sekolah Sanggar Alam Anak, Bantul, Yogyakarta, dan 12. Pesantren Al-Muttaqien Pancasila Sakti, Klaten, Jawa Tengah.

festival itu akan dibuka oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan akan dihadiri oleh BPIP, MUI, PBNU, Muhammadiyah, dan Kemenag RI, Kemenko PMK, Kemendikbud RI dan lain-lain.

“Jadi, atas inisiatif ini MPR RI memberikan penghargaan kepada beberapa sekolah yang sudah melembagakan nilai-nilai Pancasila ke dalam sistem pendidikan. Sekaligus dukungan MPR atas rekomendasi DPR kepada pemerintah untuk menjadikan Pancasila sebagai mata ajaran di sekolah dasar dan menengah,” pungkas Ma’ruf.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close