Konsultasi Hukum

Motor Curian yang Dikembalikan

Pengasuh Rubrik Hukum Senayanpost di tempat.

Saudara saya kehilangan sepeda motor di halaman rumahnya, pada saat kejadian tersebut banyak tetangga yang melihat dan mengetahui siapa pelakunya. Karena merasa perbuatannya telah diketahui, beberapa hari kemudian pelaku mengembalikan kendaraan tersebut. Aksi pelaku ini cukup meresahkan masyarakat sekitar karena telah sering melakukan pencurian.

Pertanyaannya, apakah pelaku tersebut masih bisa dituntut pidana walaupun barang hasil curiannya telah dikembalikan?

Mohon penjelasnnya, terima kasih.
Feri, Sumatera Selatan

Jawaban:

Tindak Pidana Pencurian diatur dalam Pasal 362 KUHP yang menyatakan:
“Barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak enam puluh rupiah”.

Adapun unsur-unsur sebagaimana adiatur dalam pasal tersebut adalah: perbuatan “mengambil”; yang diambil adalah suatu “barang”; barang itu harus “seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain”; dan mengambil itu harus dilakukan “dengan maksud hendak memiliki barang itu dengan melawan hukum”.

Sepanjang unsur-unsur pidana dalam pasal tersebut telah terpenuhi, maka pelaku yang mengembalikan barang (motor) hasil curian tersebut dapat dituntut dengan pasal pencurian, karena pengembalian barang curian kepada pemiliknya tidaklah termasuk dalam alasan penghapusan kewenangan menuntut pidana dan menjalankan pidana.

Untuk diketahui hal hal yang menyebabkan peniadaan penuntutan atau penghapusan hak menuntut adalah sebagai berikut:
1. Telah ada putusan hakim yang tetap mengenai tindakan yang sama.
2. Terdakwa meninggal
3. Perkara tersebut daluwarsa
4. Terjadi penyelesaian di luar persidangan (khusus untuk pelanggaran yang diancam dengan pidana denda).

Dengan demikian, walaupun motor yang telah dicuri tersebut kemudian dikembalikan oleh pelaku, pelaku tersebut tetap dapat dituntut dengan pasal pencurian.

Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.

Ade Putra Rusli
Advokat Jakarta

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close