MotoGP Portugal 2020: Miguel Oliveira Tak Tersentuh

MotoGP Portugal 2020: Miguel Oliveira Tak Tersentuh

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pebalap Miguel Oliveira tampil sempurna pada MotoGP Portugal yang dilangsungkan di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada Minggu (22/11/2020) malam WIB. 

Laju balap Red Bull KTM Tech 3 itu tak terbendung sejak balapan dari posisi terdepan hingga garis finis. 

Oliveira akhirnya menempati podium teratas MotoGP Portugal 2020 setelah melahap 25 lap dengan total waktu 41 menit 48,163 detik. 

Rider berkebangsaan Portugal itu unggul 3,193 detik atas Jack Miller (Pramac Racing) yang finis kedua. Sementara Franco Morbidelli harus puas menempati podium ketiga setelah kalah duel dengan Miller pada lap terakhir. 

Ini merupakan kemenangan kedua Miguel Oliveira pada MotoGP 2020. Sebelumnya, ia sudah mengoleksi satu kemenangan pada MotoGP Styria. 
Kemenangan kali ini juga terasa semakin spesial bagi Oliveira karena ia meraihnya di tanah kelahirannya, Portugal. 

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, mengakui kehebatan Miguel Oliveira yang berhasil memenangi MotoGP Portugal 2020 ini. 

"Saya berada di batas balapan tadi, tetapi Miguel tak tersentuh hari ini," ucap Morbidelli seusai balapan.

Meski harus puas finis ketiga, hasil MotoGP Portugal ini sudah cukup bagi Franco Morbidelli untuk mengunci status sebagai runner-up dunia musim ini.

Morbidelli pun menjadi pebalap terbaik Yamaha pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2020, mengungguli rekan setimnya Fabio Quartararo, serta duo Monster Energy Yamaha yaitu Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Hasil yang luar biasa bagi Morbidelli mengingat ia menggunakan spek motor YZR-M1 yang berbeda dari ketiga pebalap Yamaha lainnya.

"Cara yang hebat untuk menyelesaikan musim ini. Kami beberapa kali mengalami nasib sial, tetapi kami bisa fokus mungkin karena tak semua perhatian mengarah kepada kami," ujarnya.

"Terima kasih kepada tim dan semua orang di Yamaha. Kami melakukan pekerjaan hebat," kata Morbidelli.

Musim depan, Morbidelli bakal berduet dengan mentornya, Valentino Rossi, di tim Petronas Yamaha SRT. Sementara Fabio Quartararo akan mengisi tempat yang ditinggalkan Rossi di tim pabrikan Yamaha. (Jo)