MotoGP 2020: Rossi Sebut KTM Punya Kesempatan Rebut Juara Dunia

MotoGP 2020: Rossi Sebut KTM Punya Kesempatan Rebut Juara Dunia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – KTM dinilai punya kans bagus untuk bersaing memperebutkan gelar juara dunia MotoGP 2020. Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi mengatakan hal itu, menyoroti peningkatan pesat yang dialami oleh pabrikan asal Austria tersebut.

Kemenangan Brad Binder pada MotoGP Republik Ceko 2020 membuktikan progres signifikan dari KTM. Pembalap KTM Red Bull itu bahkan bisa tampil dominan dan finis 5,2 detik di depan runner-up Franco Morbidelli.

Hasil tersebut membuat KTM naik ke peringkat dua klasemen konstruktor sementara dengan nilai 44. Mereka menggeser sejumlah pabrikan papan atas seperti Ducati dan Honda serta hanya tertinggal 26 poin dari pemuncak klasemen sementara, Yamaha.

Progres tersebut jelas signifikan dibandingkan tiga seri perdana musim lalu. Pada 2019, KTM hanya meraup 18 angka saja dari tiga seri. Ini merupakan prestasi besar dalam empat musim keikutsertaan KTM di kelas MotoGP.

Valentino Rossi mengapresiasi kemajuan yang dibuat KTM hanya empat musim setelah debut di MotoGP. Apalagi, mereka benar-benar berupaya keras dalam membangun motor yang kompetitif untuk menjadi juara.

“Ya, mengapa tidak? Peningkatan mereka dibandingkan tahun lalu sangat impresif. KTM benar-benar berupaya keras dalam proyek mereka di MotoGP,” papar Valentino Rossi, sebagaimana dilansir dari Motorsport, Jumat (14/8/2020).

Selain peningkatan pesat, KTM juga diperkuat empat pembalap yang dinilai bagus oleh Valentino Rossi. Brad Binder dan Pol Espargaro di tim pabrikan serta Miguel Oliveira di tim satelit Tech3, membuat mereka benar-benar harus diperhitungkan.

“Mereka memiliki setidaknya tiga pembalap yang sedang dalam kondisi terbaik dan kuat. Jadi, mereka bisa bersaing untuk gelar juara dunia, tentu saja,” imbuh pria yang akrab disapa The Doctor tersebut.

“Di Jerez, mereka sudah menunjukkan bisa kompetitif. Di Brno, juga demikian. Jika Pol tidak kecelakaan, maka mereka bisa saja finis 1-2,” tutup pembalap berusia 41 tahun tersebut.

Tren positif yang diraih KTM Red Bull itu membuat mereka difavoritkan untuk menang di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Apalagi, KTM akan menjalani dua balapan kandang secara beruntun pada 16 dan 23 Agustus 2020 pada MotoGP Austria dan Styria.