Olahraga

Motivasi Atlet Indonesia Melalui Film 3 Srikandi

Jakarta (SenayanPost.com) – Euforia Olimpiade yang digelar di Rio De Janeiro, Brazil terasa hingga Tanah Air. Lebih-lebih, ketika Atlet debutan Sri Wahyuni Agustiani berhasil menyabet medali perak pertama untuk ibu pertiwi. Keberhasilan dalam cabang angkat berat ini tentu menjadi motivasi bagi atlet Indonesia lainnya. Suasana Olimpiade semakin terasa bersamaan dengan diputarnya film berjudul “3 Srikandi” yang tayang mulai Kamis (4/8) pekan lalu di layar lebar.
“3 Srikandi” merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata, membawa penonton kembali ke tahun 1988 di mana Olimpiade ke 24 diadakan di Negeri Ginseng, tepatnya di Seoul. Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies (Chelsea Islan) dan Kusuma (Tara Basro) dipilih mewakili Indonesia pada cabang panahan dalam Olimpiade musim panas itu.
Waktu yang terbilang singkat untuk berlatih menuntut adanya seorang pelatih yang tepat. Donald Pandiangan (Reza Rahadian) yang disebut “Robin Hood Indonesia” mendapat kepercayaan untuk melatih ketiga atlet panahan tersebut. Dengan latihan yang keras dan disipilin, mereka berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan membawa pulang medali perak kala itu.
Beberapa atlet yang menonton pemutaran perdana film “3 Srikandi” mengaku menjadi lebih bersemangat untuk mengukir prestasi.
Seperti diungkapkan atlet Baseball asal DKI Jakarta, Lindasari pada Kamis (4/8/2016) malam di Plaza Senayan.
“Latihannya sangat sederhana, keras, ketat, dan disiplin penuh. Namun kalau kita fokus dan komitmen sejak awal, pasti bisa. Saya pribadi selaku atlet bersama teman-teman lebih tertantang untuk bisa mengikuti jejak mereka,” ujar Lindasari, usai menonton film yang diproduseri Raam Punjabi ini.
Hal serupa juga diungkapkan oleh Hema yang merupakan atlet Soft Tenis.
“Filmnya bagus, ceritanya juga menggugah kita sebagai atlet, apalagi di akhir-akhir filmnya. Kita juga jadi lebih termotivasi untuk bisa mengukir prestasi setelah menonton film ini. Mudah-mudahan segala kerja keras kita, tidak mengecewakan masyarakat Indonesia,” ujarnya.
Sepekan sebelum ditayangkan serentak di Bioskop, pada Rabu (27/7/2016) film “3 Srikandi” telah diputar perdana di CGV Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Pemutaran perdana film itu dihadiri ribuan masyarakat, artis senior, bahkan Menteri Dalam Negeri. Ketiga Srikandi asli yang dikisahkan dalam film ini tidak melewatkan kesempatan untuk berfoto dengan Tjahyo Kumolo sembari memegang busur.
Banjir Pujian
Sutradara film “3 Srikandi”, Imam Brotoseno dan para pemeran mendapat banyak pujian. Gubernur DKI Jakarta, Ahok menyarankan agar anak sekolah menonton film yang memakan waktu produksi sekitar satu tahun ini.
“Film 3 Srikandi penting karena film ini bercerita tentang salah satu cabang olahraga yang tidak terlalu mahal tapi dengan prestasi luar biasanya. Kita harapkan film ini bisa menginspirasi penontonnya,” kata orang nomor satu di Jakarta ini saat menerima petinggi MVP Pictures dan para pemeran film “3 Srikandi” di Balai Kota, Rabu (19/7/2016) siang.
Pujian juga datang dari Presiden RI ke-3, BJ Habibie.
“Akting mereka dalam film ini luar biasa. Saya terkesan dengan Chelsea yang bisa menggunakan logat Suroboyo dalam perannya”, ujar Habibie di Kota Kasablanka, Kamis (4/8/2016) malam. (ZSR)

KOMENTAR
Lihat selanjutnya
Close