Nasional

Moeldoko Tegaskan KSP Institusi Resmi Mata dan Telinga Presiden

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Belum lama ini Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menerima kunjungan dari berbagai instansi, baik dari kalangan mahasiswa, perusahaan, delegasi luar negeri, hingga demonstrasi pengemudi ojek online pun juga diurusinya.

Moeldoko menjelaskan, Kantor Staf Presiden dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden No. 26/2015, memiliki tugas pokok dan fungsi antara lain sebagai lembaga pemikir untuk pengambilan kebijakan.

“KSP merupakan kantor khusus yang berfungsi membantu Presiden Jokowi secara langsung,” kata Moeldoko, Minggu (1/4/2018).

Ia menambahkan, KSP merupakan institusi resmi yang menjadi mata dan telinga Presiden untuk mendengarkan aspirasi masyarakat sekaligus mencari solusi atas permasalahan yang ada.

Dikatakan Moeldoko, KSP juga memiliki tugas untuk melakukan monitoring dan evaluasi program prioritas presiden,” sambung Moeldoko.

Dicontohkannya, salah satu upaya yang dilakukan Presiden yakni mengubah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Lembaga ini memiliki tugas untuk membantu presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronasi dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Begitu juga dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Moeldoko menjelaskan bahwa KIS diperuntukkan untuk seluruh daerah di Indonesia yang fokus pada daerah yang terjauh, tertinggal dan terdepan.

Namun, dalam proses distribusinya tidak luput dari berbagai tantangan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close