Internasional

Moeldoko: Pemerintah Konsistensi Dukung Perjuangan Palestina

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala Staf Presiden Moeldoko menegaskan, Pemerintah Indonesia konsisten mendukung perjuangan negara Palestina dalam menjaga kedaulatan wilayahnya.

“Konsistensi perjuangan Indonesia terhadap Palestina selalu hadir,” katanya di Jakarta, Jumat(11/5/2018).

Indonesia juga memberikan dukungan penuh atas perjuangan Palestina. Sikap itu selalu konsiseten sejak dulu, terlepas siapapun presidennya.

“Sikap Indonesia tidak berubah,” kata mantan Panglima TNI tersebut.

Indonesia dan negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) juga telah menyampaikan sikapnya atas perjuangan Palestina.

“Sikapnya sama (menentang) kebijakan pemerintah Amerika Serikat (di Palestina),” ucapnya.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah menolak rencana AS yang akan memindahkan kantor kedutaan besar untuk Israel di Tel Aviv ke Yerusalem.

Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, selama ini Yerusalem merupakan bagian dari pengawasan internasional.

Indonesia mendukung Palestina yang tak setuju Kedutaan Besar AS untuk Israel di Tel Aviv dipindahkan ke wilayah atau bagian dari negaranya.

Menurut Kalla, kondisi politik di Timur Tengah akan semakin rumit jika AS benar-benar memindahkan kedutaan besar mereka.

Seperti diketahui, AS memutuskan untuk memindahkan kedubesnya dari Tel Aviv ke Yerusalem, menyusul pengakuan Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada 6 Desember 2017.

Meski ditentang, AS tetap akan memindahkan kantor kedutaan besarnya di Yerusalem pada 14 Mei 2018. Trump sendiri tidak akan hadir dalam acara pembukaan kedutaan besar negaranya tersebut. Wakil Menteri Dalam Negeri John Sullivan yang bakal memimpin delegasi ke Yerusalem.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close