Nasional

Moeldoko: HKTI Jangan Segan-segan Gandeng Gapoktan

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, Moeldoko meminta pengurus HKTI DIY yang baru dilantik, tidak segan-segan menggandeng gapoktan (gabungan kelompok tani) untuk bergabung menjadi anggota HKTI.

Di sela-sela pelantikan DPP HKTI DIY periode 2018-2023 di Yogyakarta, Sabtu (31/3/2018), Moeldoko mengatakan, HKTI memiliki tugas untuk menghubungkan seluruh pemangku kepentingan di bidang pertanian, mulai dari pemerintah, petani, hingga pengusaha.

“Jika semua pihak bisa saling mendukung, maka diharapkan berbagai permasalahan di bidang pertanian dapat diatasi,” katanya.

[ads]

Pengembangan pertanian di Indonesia menurut Moeldoko perlu menekankan pentingnya intensifikasi lahan daripada ekstensifikasi lahan.

Karena dengan intensifikasi pertanian, kesulitan untuk memperoleh lahan bisa diatasi.

Pada kesempatan itu Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) HKTI DIY Ali Agus mengatakan, permasalahan pertanian atau pangan harus segera diselesaikan karena jika tidak berpotensi memicu timbulnya konflik.

Setelah dilantik, Ali yang juga Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada tersebut juga akan menginventarisasi upaya yang bisa dilakukan dalam mengembangkan pertanian di DIY.

Sekretaris Daerah DIY Gatot Saptadi mengatakan, pembangunan pertanian harus diawali dari desa karena masih banyak tersedia lahan pertanian. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close