Nasional

Mobil Dinas Jokowi Inden 9 Bulan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) menjelaskan proses produksi S 600 Guard (V222) sebagai mobil dinas baru Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk periode 2019-2024 butuh waktu hingga sembilan bulan. Produksi mobil S-Class jenis long wheelbase ini dilakukan di pabrik Mercedes-Benz di Jerman.

Deputy Director Sales Operations & Product Management MDBI Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan pada Jumat (23/8/2019), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) akhirnya sudah menginformasikan secara resmi kepada pihaknya bahwa telah terpilih sebagai penyedia mobil dinas Jokowi.

Sebelumnya, informasi mobil dinas presiden menggunakan merek Mercedes-Benz terungkap lewat siaran pers Kemensetneg pada Kamis (22/8).

Menurut Kariyanto pesanan mobil dinas Jokowi sudah bisa dilakukan pada Agustus. Bila hal itu dilakukan prediksinya unit selesai diproduksi lantas bisa dikirim ke Indonesia paling cepat tujuh bulan kemudian, yakni pada Maret.

“Estimasi lead time (inden) dari pemesanan hingga delivery 7-9 bulan,” ucap Kariyanto, seperti dikutip CNNIndonesia.

Kemensetneg menyatakan Mercedes-Benz Indonesia menyediakan dua unit mobil dinas presiden jenis S 600 Guard. Kariyanto menyebut model baru itu punya kode arsitektur V222 yang sama seperti mobil dinas Jokowi saat ini.

Selain Mercedes-Benz Indonesia, Kemensetneg juga menyampaikan pemenang tender untuk mobil dinas menteri adalah grup otomotif terbesar di Indonesia, Astra International. Mobil dinas anggota kabinet Jokowi bakal menggunakan merek Toyota, yakni Crown 2.5 HV G-Executive sebanyak 101 unit. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close