Olahraga

Mo Salah, ‘Raja Mesir’ Menginspirasi Dunia Arab

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Para pengguna media sosial di Mesir bereaksi dengan penuh kebanggan setelah pemain depan Liverpool Mohamed Salah (Mo Salah) menjadi pemain asal Mesir pertama yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) tahun 2017-2018.

PFA memilihnya dengan pertimbangan antara lain, ia mencetak 31 gol di Liga Primer selama musim kompetisi ini dan masih ada tiga pertandingan tersisa.

“Ini merupakan suatu kehormatan, terutama karena yang memilihnya adalah para pemain. Saya senang dan bangga,” kata pemain nasional Mesir itu.

Sontak kabar tersebut menjadi berita utama di koran-koran Mesir dan tagar “legenda Mohamed Salah” dibagi lebih dari 25.000 setelah pengumuman PFA.

Aktris Mesir, Rasha Mahdi, adalah salah satu pengguna media sosial yang mengunggah foto Salah sebagai Firaun.

Pemain yang oleh para pendukung Liverpool dijuluki ‘Raja Mesir’ itu menjadi ikon nasional di Mesir. Salah satu prestasinya yang paling dikenal adalah ketika ia mencetak gol penalti pada menit ke-95 ketika Mesir melawan Kongo tahun lalu.

Gol tahun lalu tersebut membuat Mesir lolos kualifikasi Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1990.

Jalan-jalan di Mesir dinamakan dengan Mohamed Salah. Demikian juga dengan sebuah sekolah di Kota Basyoun, kota kelahirannya.

Ia juga diterima secara khusus oleh Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada Januari lalu. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close