FeaturesNasional

MK Putus 151 Perkara Sengketa Pilkada

JAKARTA (SenayanPost.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaam kepada Mahkamah Konstitusi (MK) karena telah menunjukkan kinerja penanganan perkara yang konsisten dengan standar yang telah ditetapkan.

“Pada kurun waktu Agustus 2015 hingga Juli 2016, Mahkamah Konstitusi telah menerima 244 permohonan perkara konstitusi,” kata Presiden Joko Widodo, di depan Sidang Tahunan MPR RI di Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Dari jumlah itu, lanjut Presiden, 92 perkara merupakan pengujian undang-undang, satu perkara Sengketa Kewenangan Lembaga Negara (SKLN), dan 151 perkara perselisihan hasil pemilihan gubernur, bupati, dan walikota.

Terkait dengan perkara pengujian undang-undang, menurut Jokowi, MK telah memberikan legal policy baru yang mengandung dimensi kepastian, kebenaran, dan keadilan konstitusi.

Sedangkan menyangkut perkara perselisihan pilkada serentak, MK telah memutus 151 perkara pemilihan gubernur, bupati, dan walikota dari total 268 pilkada.

“Ke depan, Mahkamah Konstitusi berinisiatif memperluas penerapan teknologi dalam mengadili dan memutus perkara,” kata Jokowi. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close