Teknologi

Mirip WhatsApp, Aplikasi CatchUp Facebook Bisa Telepon hingga 8 Orang

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Aplikasi baru kembali dirilis tim riset dan pengembangan internal Facebook, NPE Team, yang diberi nama CatchUp.

CatchUp merupakan aplikasi panggilan suara yang dapat menampung sebanyak delapan peserta secara bersama-sama. Agar dapat menggunakan CatchUp, pengguna tidak wajib memiliki akun media sosial Facebook atau aplikasi lain, demikian dikutip dari TechCrunch, Jumat (29/5/2020)

Meski hanya menawarkan layanan panggilan suara, Facebook menyebut pengguna CatchUp dapat mengetahui siapa saja di kontaknya yang sedang aktif dan dapat ditelepon. CatchUp tampaknya terinspirasi Houseparty, di mana pengguna di aplikasi dapat menentukan kapan mereka tersedia untuk berbicara dengan mengatur statusnya di aplikasi.

Ini mirip dengan aplikasi obrolan video Houseparty dan juga WhatsApp yang juga memungkinkan pengguna melihat siapa yang sedang online, dengan mengirimkan pemberitahuan ketika teman-teman membuka aplikasi dan menandai mereka sebagai “di sini” di antarmuka aplikasi.

Demikian pula CatchUp yang menunjukkan pengguna dengan status “Ready to Talk” di bagian atas layar beranda. Ini sebagai pemberitahuan kepada pengguna yang sedang offline dan kontak lainnya.

Menurut Facebook, salah satu alasan orang saat ini tidak lagi melakukan panggilan telepon adalah mereka terkadang tidak mengetahui apakah lawan bicaranya berkenan menerima panggilan atau tidak.

Dalam aplikasi, Facebook turut menawarkan opsi pengaturan privasi kepada pengguna. Sehingga mereka dapat mengontrol siapa saja partisipan yang dapat bergabung dalam panggilan grup.

Sayangnya, CatchUp baru tersedia untuk wilayah Amerika Serikat. Dan belum diketahui apakah aplikasi ini akan segera dirilis untuk wilayah lain atau tidak.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close