Mimpi Besar Jokowi, Bangun Bank Syariah Raksasa

Mimpi Besar Jokowi, Bangun Bank Syariah Raksasa

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Jokowi menyampaikan keinginan membangun sebuah bank syariah raksasa di Indonesia. 

Hal tersebut diutarakan Jokowi dalam acara pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-7 tahun 2020, Rabu (28/10/2020).

“Industri keuangan syariah adalah raksasa yang sedang tidur. Saat ini Pemerintah memiliki concern besar untuk membangkitkan raksasa ini. Salah satunya dengan membangun satu bank syariah terbesar di Indonesia,” kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan ISEF ke-7 tahun 2020 secara virtual, Rabu (28/10/2020).

Sederhananya, lanjut Kepala Negara, semua aset bank syariah milik negara akan dilebur menjadi satu untuk melahirkan bank syariah raksasa.

Hingga saat ini, ada total tiga aset bank syariah BUMN, yakni BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah. Sampai semester pertama tahun 2020, total aset ketiganya mencapai Rp 214 triliun.

“Sebuah angka yang besar. Di lain sisi, pemerintah juga terus mengembangkan bank wakaf mikro di berbagai tempat, bekerja sama dengan pondok-pondok pesantren maupun organisasi keagamaan,” jelasnya.

Dengan adanya bank syariah raksasa ini, Jokowi mengharapkan ke depan industri keuangan syariah menjadi instrumen keuangan alternatif untuk memajukan ekonomi rakyat.