Microsoft Kucurkan Bonus Rp 21,8 Juta untuk Karyawannya

Microsoft Kucurkan Bonus Rp 21,8 Juta untuk Karyawannya
Reuters

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Microsoft berencana akan memberikan bonus pada karyawan karena pandemi Covid-19. Bonus yang diberikan sebesar US$1.500 atau sekitar Rp21,8 juta kepada banyak karyawannya.

Rencana bonus ini akan membuatkan perusahaan mengeluarkan dana sekitar US$200 juta atau Rp2,9 triliun.

Bonus jadi upaya Microsoft untuk tetap membuat karyawan tetap bahagia selama pandemi. Selain juga memastikan mereka bertahan saat bekerja dari rumah.

Pemberian penghargaan juga mengurangi dampak tren yakni pengunduran diri besar-besaran saat perusahaan membuka kembali fasilitas dan pekerja berpikir untuk mengganti pekerjaan.

Juru bicara Microsoft kepada CNBC Internasional mengatakan kebijakan itu jadi penghargaan atas upaya para karyawan kepada pelanggan dan mitra pada tahun lalu, dikutip Jumat (9/7/2021).

Baca Juga

Pengumuman pemberian bonus itu dilakukan Chief People Officer Microsoft, Kathleen Hoogan pada Kamis (8/7/2021). Bonus akan diberikan pada bulan Juli dan Agustus dan untuk karyawan di AS serta luar negeri.

Laporan The Verge menyebutkan karyawan yang mendapatkan bonus adalah semua staf di bawah level wakil presiden perusahaan yang dimulai saat atau sebelum 31 Maret 2021. Para pekerja part time dan yang dibayar per jam juga akan kebagian bonus dari perusahaan.

Sayangnya ada sejumlah karyawan yang tidak akan menerima bonus. Menurut Juru Bicara Microsoft, mereka yang tak kebagian bonus adalah wakil presiden perusahan Microsoft, serta karyawan di anak usaha yakni Github, LinkedIn dan Zenimax.

Selain bonus, Microsoft juga pernah memberikan apresiasi lain pada karyawannya. Puget Sound Business Journal melaporkan awal tahun ini perusahaan memberikan pekerja lima hari libur tambahan dengan bayaran.

Sejumlah perusahaan sebelumnya telah melakukan hal yang sama seperti Microsoft. Bonus jadi bentuk apresiasi perusahaan selama era Covid saat ini. Misalnya ada yang membagikan paket perawatan hingga waktu istirahat tambahan. Ada juga yang membantu membayar makanan para karyawan saat work from home melalui platform pengantara makanan Uber Eats.

Perusahaan lain seperti Facebook memberikan bonus US$1.000 bagi 45 ribu karyawannya. Amazon juga membagikan bonus liburan senilai US$300 untuk para pekerjanya di garis terdepan.