Nasional

Meski Populer, Ternyata Amien Rais Tak Berpengaruh

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais banyak dikenal oleh masyarakat. Namun suara Amien tidak bisa mempengaruhi suara pemilih di Pilpres 2019.

“Secara popularitas, Amien Rais adalah tokoh agama yang paling dikena,” kata peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ikrama Masloman, di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Ia menambahkan, mereka yang mengaku mengenal Amien sebesar 83,1 persen, namun dari angka tersebut, hanya 57,2 persen yang menyatakan suka dengan sosok Amien.

Sementara itu, yang menyatakan akan mendengarkan imbauan Amien hanya di angka 9,4 persen.

“Dan mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 9,4 persen. Popularitas Amien yang tinggi memang tidak sebanding dengan kekuatan pengaruhnya saat ini,” ucapnya.

Kemudian dalam survei tersebut, ketika dilihat dari segmen pemilih Nahdlatul Ulama (NU), pengaruh Amien Rais lebih kecil. Muslim NU yang mengaku mendengarkan imbauan Amien hanya 6,3 persen suara.

“Segmen muslim NU adalah segmen terbesar pemilih muslim jika dilihat dari afiliasi organisasi keagamaannya. Di muslim NU, mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 6,3 persen. Sementara untuk yang menyatakan tidak mendengarkan imbauan Amien sebesar 81,8 persen,” jelasnya.

Survei ini dilakukan pada 10-19 Oktober 2018 menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini sebesar kurang-lebih 2,8 persen. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close