Meski Jakarta PSBB Total, KRL Tetap Beroperasi Normal

Meski Jakarta PSBB Total, KRL Tetap Beroperasi Normal
Foto-wartakota

JAKARTA, SENAYANPOST.com - VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba, mengatakan, Commuter Line akan tetap beroperasi seperti biasa, meski di DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total pada 14 September 2020, mendatang.

Jadwal jam operasional kereta tersebut sama dengan saat Jakarta memasuki masa PSBB transisi.

"KRL akan beroperasi pada pukul 04.00 – 21.00 WIB. Jam operasi ini nantinya juga akan dievaluasi kembali dengan mempertimbangkan kondisi pengguna di masa PSBB," ujar Anne, di Jakarta, Sabtu (12/09/2020). 

Meski demikian, Anne menyebutkan, pada masa PSBB total kembali diterapkan di DKI Jakarta, pihaknya akan lebih memperketat protokol kesehatan penyebaran Covid-19 di kereta. 

"Untuk itu, menghadapi PSBB penuh yang kembali berlaku di DKI Jakarta pada 14 September mendatang, KCI tetap menerapkan berbagai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di transportasi publik," katanya.

Lebih lanjut, Anne menyampaikan sejauh ini pihaknya telah 'menggalakkan' penerapan protokol kesehatan Covid-19 di kereta dengan membatasi jumlah penumpang. Sesuai aturan yang berlaku, kapasitas pengguna hanya diperbolehkan 50 persen dari kapasitas kereta seharusnya.

Oleh karena itu, KCI membatasi tiap kereta hanya dapat diisi 74 orang. Jumlah 74 orang ini adalah sekitar 45 persen dari kapasitas kereta.

"Pembatasan ini dijaga melalui penyekatan di sejumlah zona antrean yang ada di stasiun," ucap Anne. (Jo)