Meriahkan Maulid Nabi, UI Gelar Lomba Seni Religi Tingkat Nasional

Meriahkan Maulid Nabi, UI Gelar Lomba Seni Religi Tingkat Nasional
Ngatawi Al Zastrouw

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Dalam rangka mensyiarkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI) bekerja sama dengan Direktorat Kemahasiswaan dan Masjid Ukhuwah Islamiyah UI serta didukung oleh Forum Kebangsaan UI, akan menyelenggarakan lomba seni religi tingkat nasional untuk mahasiswa. 

Ada beberapa jenis kesenian yang akan dilombakan, yakni puitisasi Al-Qur’an, musikalisasi puisi religi, serta video pendek tradisi maulid.

Lomba seni religi ini bertema “Memperkuat Moderasi Melalui Tradisi”, diselenggarakan mulai tanggal 25 September sampai 25 Oktober 2021. 

Selama waktu perlombaan, para peserta dipersilakan mengirim karya mereka secara online di alamat https://bit.ly/3zwp2eI. Para peserta dapat melihat ketentuan masing-masing lomba pada link @uiartcenter di media sosial Makara Art Center (instagram, facebook, dan twitter).

Karya para peserta ini akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Jose Rizal Manua, Damhuri Muhammad, dan Tommy F. Awuy, untuk lomba puitisasi Al-qur’an; Eros Djarot, Trie Utami, dan Reda Gaudiamo untuk lomba musikalisasi puisi religi; Ine Febriyanti, Yusuf Rahardjo, dan Abdullah Wong untuk lomba video pendek. 

Selain mendapatkan sertifikat dan trofi, para pemenang akan mendapatkan hadiah uang senilai Rp5.000.000 untuk juara pertama; Rp3.000.000 untuk juara kedua, dan Rp2.000.000 untuk juara ke tiga, dan juara harapan masing-masing Rp1.000.000.

Menurut Ngatawi Al-Zastrouw, Kepala MAC UI, dalam keterangan tertulis, Selasa (19/10/2021), perlombaan ini merupakan upaya menanamkan nilainilai religiusitas yang moderat, toleran, dan inklusif, di kalangan mahasiswa melalui jalur kultural karena melalui cara-cara seperti ini spirit dan ajaran agama akan lebih mudah masuk ke dalam hati.

“Seni budaya merupakan cara efektif untuk menyentuh dan melembutkan hati manusia. Hati yang lembut akan membuat manusia memiliki kepekaan batin terhadap sesama,” kata Zastrouw. 

Direktur Kemahasiswaan UI, Badrul Munir, menyatakan lomba karya seni ini merupakan ajang untuk mendorong tumbuhnya kreativitas seni budaya para mahasiswa sekaligus sebagai upaya meningkatkan soft skill mahasiswa. 

“Melalui perlombaan ini, mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu dapat
berkolaborasi untuk menciptakan karya seni religi. Dengan cara ini diharapkan potensi intelektual akademik mahasiswa dapat diekspresikan dalam bentuk seni sehingga mudah tersosialisasi kepada masyarakat. Mahasiswa UI perlu menumbuhkan nilai-nilai budaya dan seni sebagai pelengkap kemapuan akademis yang mereka kuasai melalui perkuliahan,” ujarnya.

Abdi Kurnia, Sekretaris Masjid UI, menyampaikan bahwa lomba kreasi seni seni religi ini merupakan bagian dari upaya menamakan rasa cinta kepada di kalangan mahasiswa. 

“Sebagaimana kita ketahui dorongan cinta pada Nabi telah melahirkan berbagai karya seni dari para ulama seperti syair burdah, maulid dziba, barzanji, dan ribuan syair shalawat. Berbagai karya seni itu tidak saja membangkitkan
mahabbah pada Nabi Muhammad tetapi juga mengidupkan spirit religiusitas orang-orang yang membacanya,” katanya.

Pengumuman pemenang lomba akan disampaikan melalui event Syiar Maulid yang akan dilaksanakan secara hybrid (perpaduan daring dan luring) pada 1 November 2021 jam 19.30. 

Acara luring akan diselenggarakan di gedung MAC UI dan disiarkan secara streaming di kanal youtube MAC UI. Selain pengumuman para pemenang lomba dalam event ini juga akan dipagelarkan berbagai seni religi dari para artis ibu kota dan sivitas akademika UI. (Jo)