Lintas Daerah

Meriah, Lomba Balap Traktor di Sawah Berlumpur

MOJOKERTO, SENAYANPOST.com – Lomba unik dilakukan sejumlah petani di Mojokerto. Sebanyak 16 petani di Desa Sumengko, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto mengikuti balap traktor areal persawahan penuh lumpur, Minggu (8/4/2018).

Di sirkuit penuh lumpur, para petani beradu cepat di lintasan persawahan mengemudikan mesin pembajak sawah atau traktor.

Lintasan persawahan milik warga tersebut disulap menjadi sirkuit balap traktor. Untuk mekanisme lombanya yakni peserta mengemudikan traktor di lintasan yang telah disediakan panitia.

Peserta akan memacu traktornya hingga melewati bendera yang berada di ujung sirkuit.

Setelah itu mereka akan kembali ke garis finish. Terdapat juri garis di masing-masing lintasan untuk memastikan peserta yang finish terlebih dulu. Penilaian dalam lomba balap traktor yakni peserta paling cepat yang akan menjadi pemenangnya.

Salah satu peserta, Sugeng (35) mengatakan, hampir tidak ada kendala sedikit pun saat mengemudikan traktor di perlintasan persawahan penuh lumpur.

“Saya sudah biasanya mengemudikan traktor. Handlingnya traktor oke, tapi tuas gasnya agak sedikit berbeda,” katanya.

Menurutnya, meskipun tuas gas sudah mentok kecepatannya tetap tidak bertambah. Perlombaan yang digelar di tengah area persawahan ini menarik perhatian warga, sehingga banyak warga bergerombol memadati area persawahan untuk melihat lomba balap traktor.

Panitia balap traktor dari PT Syngenta, Dony Ariful Nor mengatakan, lomba tersebut merupakan inisiatif dari perusahaannya untuk memberikan penyuluhan pertanian dan edukasi sekaligus sebagai hiburan pada warga setempat.

“Traktor berhubungan erat dengan sawah, karena itulah kami berinisiatif menyelenggarakan lomba balap traktor untuk masyarakat khususnya para petani. Para peserta akan merebutkan hadiah utama berupa satu ekor kambing dan sejumlah hadiah hiburan lainnya,” ujarnya.

Dony berharap, melalui edukasi terkait pertanian diharapkan dapat memberikan sumbangsih berupa hiburan ke masyarakat. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close