Merek Lain Anjlok, Penjualan MINI Malah Tumbuh di Tengah Covid-19

Merek Lain Anjlok, Penjualan MINI Malah Tumbuh di Tengah Covid-19

JAKARTA, SENAYANPOST.com –  Ketika merek mobil lain mencatat penjualan yang anjlok, MINI justeru mengalami peningkatan penjualan mobilnya yang masuk kategori mewah.

Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, mengumumkan pencapaian MINI sepanjang kuartal pertama 2020. Hasil yang dicapai, ternyata masih mengalami pertumbuhan penjualan.

Dalam tiga bulan pertama 2020, MINI mampu menjual sebanyak 145 unit dengan kenaikan 16 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan angka perolehan pembuat mobil lain yang mengalami penurunan penjualan di tengah Covid-19.

“Kalau dilihat berdasarkan kontribusi utamanya, Countryman menjadi model paling laris dengan menyumbang 41 persen, disusul model 3-door dengan 32 persen, dan Cabrio sebanyak 13 persen,” ucap Jodie O’tania melalui teleconference.

Ia menambahkan, pencapaian MINI tidak lepas dari karakter konsumen yang berbeda. Hal inilah yang berhasil mendongkrak penjualan sepanjang kuartal pertama 2020.

“Karakteristik pelanggan MINI, berbeda dengan mobil umum. Kemarin juga kami keluarkan model-model terbaru, ini ada pengaruh juga promosi sebelumnya,” kata Jodie O’tania.

Sementara itu, Head of MINI Asia, Kidd Yam, juga menambahkan bahwa sumbangsih Countryman sebagai model paling laris tidak terlepas dari proses perakitan lokal. Sehingga model ini memiliki ketersediaan unit di Indonesia dan waktu kirim ke konsumen relatif lebih cepat.

“Di Indonesia, MINI Countryman adalah kendaraan yang semakin populer dengan pabrik perakitan lokal kami melayani permintaan yang meningkat dan lebih dari 273 unit dikirimkan tahun lalu,” ujar Kidd Yam.

Secara total, penjualan mobil pasar otomotif Nasional di kuartal pertama 2020 hanya mencatatkan penjualan 234.825 unit, dan angka ini turun sebesar 7,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.