Lintas Daerah

Merapi Kembali Meletus, Tinggi Asap 700 Meter

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Kembali terjadi erupsi freatik Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, Senin (21/5/2018) dinihari sekitarb pukul 01.25 WIB dan terjadi lagi pukul 09.38 WIB.

Erupsi freatik ini menyebabkan terjadinya kolom asap tebal setinggi 700 meter saat freatik pertama dan kolom asap setinggi 1.200 meter pada freatik kedua dari puncak Gunung Merapi dan disusul dengan terjadinya hujan abu.

“Hujan abu terjadi pada radius 10 kilometer dari puncak mengarah ke barat daya hingga selatan,” kata petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang, Sunarto.

Menurut dia, hujan abu tersebut terlangsung sekitar tiga jam dan dirasakan di Kaliurang hanya beberapa menit setelah terjadi freatik.

Ia mengatakan, saat ini puncak Gunung Merapi tidak dapat diamati secara visual karena tertutup kabut tebal. Sedangkan pengamatan dilakukan dengan menggunakan instrumen.

Meski terjadi erupsi freatik, ia meminta masyarakat tetap tenang dan beraktivitas eperti biasa. “Hanya disarankan mengenakan masker untuk menghindari dampak abu,” katanya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close