BUMNNasional

Menteri Rini Beberkan Alasan Rombak Direksi Pertamina di Depan Mahasiswa,

SOLO, SENAYANPOST.com¬†–¬†Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pekan lalu mencopot Elia Massa Manik dari jabatan Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Jabatan Elia saat ini digantikan oleh Nicke Widyawati yang menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dirut.

Di depan ratusan mahasiswa di Solo, Rini membeberkan alasannya merombak direksi Pertamina.

“Semuanya pasti sudah baca berita, saya mengganti Direksi Pertamina, bahwa Pertamina itu harus menjamin ketersediaan Premium, Elpiji dan solar karena itu yang sangat dibutuhkan masyarakat luas,” kata Rini dalam talkshow Kartini Millenials Inspiring Day di The Tjolomadoe, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/4/2018).

Dia menjelaskan karena kebutuhan yang besar dari masyarakat, maka ketersediaan dan harga harus dijaga dengan baik.

“Harganya harus ada, barangnya harus tersedia. Pertamina harus lakukan itu karena milik bangsa. Saya harap bu Nicke bisa melakukan itu,” ujar Rini.

Rini menjelaskan, BUMN harus dikelola secara transparan, good corporate governance (GCG) yang baik karena roda bisnisnya untuk kepentingan rakyat.

“Memang BUMN itu juga harus bisa mencetak keuntungan. Tapi juga tidak boleh melupakan fungsi sebagai agen pembangunan, itu jangan dihilangkan,” jelas dia.

Pada 20 April lalu, Elia Massa Manik dicopot dari Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Hal ini diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Pertamina.

Ada lima direksi yang diberhentikan. Dirut, Direktur Mega Proyek, Direktur Pengolahan, Direktur Aset, dan satu lagi Direktur Pemasaran Korporat.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close