Menteri Pariwisata Pastikan Seluruh Pendaki Rinjani Sudah Turun

Menteri Pariwisata Pastikan Seluruh Pendaki Rinjani Sudah Turun

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya memastikan seluruh pendaki Gunung Rinjani, Lombok, NTB sudah berhasil turun dengan kondisi selamat.

Hal itu disampaikan Menpar di sela-sela kunjungannya di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (31/7/2018). Menurut Menpar, keseluruhan pendaki yang berhasil dievakuasi turun dari Gunung Rinjani itu sebanyak 826 orang dan 174 wisatawan mancanegara asal Thailand.

“Mereka sudah berhasil dievakuasi pada Senin (30/7), setelah tidak bisa turun akibat adanya gempa bumi bermagnitudo 6,4 SR di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (29/7),” kata Menteri.

Dikatakan, para dari Thailand sudah dipulangkan hari ini dan semua pendaki dalam kondisi sehat.
Pada kesempatan itu, Menpar menyatakan turut prihatin atas meninggalnya wisatawan mancanegara (wisman) dari Malaysia, Siti Nur Lesmawida Ismail (30).

“Hari ini, jenazah wisman asal Malaysia tersebut juga sudah dipulangkan ke negaranya,” ujarnya.

Namun, Arief belum dapat memastikan atau memperkirakan dampak gempa bumi bermagnitudo 6,4 SR di Lombok, Nusa Tenggara Barat, terhadap jumlah kunjungan wisman ke wilayah itu. Berdasarkan pengalaman meletusnya Gunung Agung Bali, terjadi penurunan wismam sebanyak 1 juta orang. (MU)