Internasional

Menteri Korsel Apresiasi Ketulusan Kim Jong-un

PYONGYANG, SENAYANPOST.com – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un ternyata berbeda dari yang sering ditampilkan di media. Hal itu diakui menteri Korea Selatan (Korsel) yang bertemu langsung dengan Kim Jong-un, saat menyaksikan konser bintang K-pop di Pyongyang bulan lalu.

“Dia sangat normal ketika bicara tentang berbagai topik, seperti musik, budaya, hingga olahraga,” ujar Menteri Kebudayaan Korea Selatan Do Jong-hwan kepada kantor berita CNN.

Do duduk di dekat Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol Ju, saat pertunjukan berlangsung.

Konser bintang Korea Selatan, yang pertama di Pyongyang selama lebih dari 10 tahun terakhir itu, menunjukkan tanda jelas dari mencairnya hubungan kedua negara jelang pertemuan Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Usai tatap muka dengan Kim Jong-un, Do menjelaskan bahwa ia optimistis dengan pertemuan kedua kepala negara. Menurutnya, Kim Jong-un “tulus dan murni” ingin memperbaiki hubungan dengan Seoul.

“Jika (pertemuan) tidak berhasil, itu akan buruk untuk semua orang … Korea Selatan, China, Korea Utara, dan Amerika Serikat,” katanya. “Jika itu berhasil, berarti masalah antar-Korea dan nuklir bisa diselesaikan, itu baik untuk semua orang.”

Do menambahkan, setelah pertunjukan bintang K-pop –bertajuk “Spring is coming”– Kim Jong-un mengutarakan harapannya agar Korea Utara dan Korea Selatan dapat melakukan pertukaran budaya pada musim gugur mendatang.

“Bagi dia (Kim Jong-un), mengajukan wacana pertunjukan di Seoul pada musim gugur setelah dua pertemuan puncak (dengan Presiden Moon Jae-in dan Donald Trump) menunjukkan kesediaannya untuk berpartisipasi dalam dua tatap muka tersebut,” terang Do.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close