Lintas Daerah

Menteri Desa: Ada 1.200 Desa Bekas Kawasan Transmigrasi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – mengemukakan, saat ini setidaknya ada 1.200 desa yang sebelumnya adalah kawasan transmigrasi.

Di depan peserta Kongres Nasional Transmigrasi di Yogyakarta, Selasa (17/9/2019) menteri mengatakan, program transmigrasi pada masa sekarang juga sudah berkembang.

“Apabila sebelumnya program transmigrasi hanya untuk mencukupi kebutuhan sandang, pangan dan papan namun saat ini kegiatan transmigran bisa menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah sehingga mampu meningkatkan kehidupan ekonomi transmigran lebih layak,” ujarnya.

Di masa lalu tambahnya, program pemerintah ini gagal karena tidak ada pengelolaan pasca panen, namun sekarang kita membantu mereka dengan memberi nilai tambah agar kesejahteraan mereka berkembang.

Dia menegaskan, program transmigrasi bukan usaha memindahkan penduduk miskin dari satu wilayah ke wilayah lain namun mendorong peningkatan kesejahteraan transmigran melalui pendampingan berkelanjutan serta kerjasama kemitraan dengan dunia usaha dan perbankan.

“Tantangan sekarang kita ingin menciptakan bisnis model baru yang bisa memberikan manfaat bagi mereka,” katanya. (AS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close