Bank

Menteri BUMN: Presiden Sudah Pilih Dirut Mandiri & BTN

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memilih nama direktur utama (dirut) dua BUMN, yakni PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Tabungan Negara Tbk.

“Ya beliau [Presiden Jokowi] yang mutusin semua. Jadi BTN dan Bank Mandiri sudah diputuskan beliau,” kata Erick di Istana Negara, Senin (11/11/2019).

Menurut Erick, pemilihan direksi dan komisaris BUMN saat ini seluruhnya dipertimbangkan terlebih dahulu oleh Presiden Jokowi. Mekanisme ini merupakan hal baru, karena sebelumnya penunjukkan dirut BUMN dilakukan langsung oleh Menteri.

“Tanya bapak Presiden saja. Bapak presiden sudah mutusin. Pokoknya semua untuk pengangkatan direksi, komisaris, seluruhnya di-review langsung oleh pak Presiden,” tegas pendiri Mahaka Media ini.

Untuk BTN, ketetapan susunan direksi akan dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BTN pada Rabu 27 November 2019 mendatang, diundur dari sebelumnya 11 November dan 18 Oktober lalu.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen BBTN menegaskan bahwa penyelenggaraan RUPSLB kembali diundur sesuai dengan tanggal alternatif yang diajukan kepada Kementerian BUMN.

Direktur BTN Oni Febriarto dan Nixon Napitupulu dalam suratnya menyatakan bahwa penyelenggaraan RUPSLB BTN semula memang akan dilakukan pada Senin hari ini, 11 November 2019.

Adapun mata acara pada RUPSLB tersebut tetap dan tidak berubah yakni perubahan susunan pengurus perseroan. Surat persetujuan perubahan jadwal RUPSLB itu diteken oleh Deputi Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo, mengatasnamakan Menteri BUMN Erick Thohir.

Sementara itu, untuk mengisi posisi direktur utama Bank BTN beredar dua nama digadang-gadang cocok untuk mengisi posisi tersebut. Beberapa nama yang beredar adalah Pahala Mansury (Direktur Keuangan Pertamina) dan Nixon Napitupulu.

Di sisi lain, untuk Bank Mandiri, dua nama yang dikabarkan mengisi posisi dirut yakni adalah Royke Tumilaar yang saat ini mengisi jabatan sebagai Direktur Corporate Banking Bank Mandiri.

Nama lainnya adalah Silvano Rumantir mantan direktur utama PT Mandiri Sekuritas untuk periode 2016-2019. Saat ini Silvano menjabat sebagai Senior Executive Vice President di Bank Mandiri.

Namun ada pula kabar yang menyebutkan, nama Silvano kemungkinan akan ditempatkan sebagai Wakil Direktur Utama Bank Mandiri. Dua nama ini dianggap masuk akal lantaran sesuai dengan statement menteri BUMN.

Erick Thohir, yang menyebutkan posisi direktur utama ini sepatutnya diisi oleh internal Mandiri. “Yang pasti bekas lulusan atau masih orang Mandiri,” Erick di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close