Lintas Daerah

Menteri Bappenas Dorong ITB Lahirkan Entrepreneur Baru

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Menteri PPN/Kepala Bapenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pada ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke-100 nanti, Indonesia harus menjadi bagian dari kelompok negara maju.

“Masih ada waktu tersisa untuk mewujudkan kita sebagai bagian dari negara maju. Tapi tentu harus siap SDM nya,” kata Bambang di Kampus ITB Bandung, Rabu (4/7/2018).

Bambang menambahkan, untuk mencapai kemajuan itu Indonesia sudah saatnya merubah mindset masyarakat menjadi knowledge based ekonomi.

“Saya berharap ITB menjadi yang paling depan dari segi penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat sehingga knowledge based ekonomi bisa terwujud,” katanya.

Menurutnya, profesi insinyur saat ini di Indonesia belum terlalu banyak. Padahal lulusan insinyur saat ini diperkirakan mencapai 750 ribu orang. Hanya saja, baru sedikit yang bekerja sebagai insinyur profesional, yakni hanya 90 ribu orang.
Sisanya bekerja di bidang lain seperti perbankan bahkan perusahaan yang tidak ada sangkut-pautnya dengan teknik.

“Saat ini kebutuhan sarjana teknik berkualitas menjadi sangat mendesak. Apalagi MEA akan membanjiri Indonesia dengan tenaga teknik luar negeri yang bersertifikat. Sehingga ini tugas ITB. Lulusan insinyur harus profesional pada pekerjaannya,” tambah Bambang.

Lembaga pendidikan, tambahnya, juga harus mampu menghasilkan penelitian dan inovasi yang dapat berguna langsung pada masyarakat. Caranya dengan bekerjasama antara dunia pendidikan dengan pelaku industri.

Menteri juga mendorong agar ITB terus melahirkan entrepreneur baru.

“ITB saat ini tercatat paling banyak melahirkan entrepreneur. Yang paling terkenal adalah bukalapak.com dan agate games,” sebutnya.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close