FeaturesHot IsuNasionalTokoh

Menteri Archandra Tegaskan Status Keindonesiaannya  

 JAKARTA (SenayanPost.Com) – Polemik seputar status dwikewarganegaraan Archandra Tahar Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) tampaknya akan berakhir, menyusul tanggapan sekaligus klarifikasi resminya.

Penegasan yang disampaikannya diharapkan dapat menetralisasi rumor yang berkembang saat ini terkait kewarganegaraannya sebagai Menteri ESDM.

Arcandra Tahar yang dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri ESDM pada 27 Juli 2016 tengah diterpa isu cukup serius. Sesuai viral yang beredar di media sosial seperti WhatsApp sejak Sabtu (13/8), Arcandra disebutkan memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat (AS), setelah melalui proses naturalisasi sejak Maret 2012.

Pengganti Sudirman Said ini merupakan seorang profesional di bidang energi dan sumber daya mineral yang lama berkiprah di luar negeri. Arcandra menghabiskan 20 tahun masa studi dan kariernya di AS, menimba ilmu di berbagai perusahaan minyak dan gas bumi AS.

Dia disebut telah mengucap sumpah setia sebagai warga AS saat itu. Sementara, Indonesia tidak mengenal dwikewarganegaraan, sehingga status WNI Arcandra menjadi hilang.

Menanggapi isu dwi-kewarganegaraannya yang merebak luas sejak Sabtu (13/8/2016), Archandra mengaku, dirinya masih memegang paspor Indonesia atau berstatus warga negara Indonesia (WNI).

Dalam situs resmi Kementerian ESDM Minggu (14/8/2016), www.esdm.go.id, Candra menegaskan, hingga saat ini dirinya adalah WNI, bukan warga negara AS.

“Saya tuh orang Padang asli, istri saya juga orang Padang asli, lahir dan besar di Padang. Cuma pas kuliah S-2 dan S-3 saya kuliah di Amerika,” ujar Arcandra.

Lebih lanjut, Arcandra menuturkan, dirinya berangkat ke negeri Paman Sam itu pada 1996. Sampai saat ini Arcandra juga masih memegang paspor Indonesia. Kepada awak media pun Arcandra mempersilakan untuk mengecek paspor Indonesianya.

“Paspor Indonesia saya masih valid. Silahkan dicek,” kata menteri yang akrab di sapa Candra ini, kepada awak media, seusai mengikuti acara HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (14/8/2016).

Candra menegaskan, dirinya sudah mengembalikan proses kewarganegaraan AS.

“Proses-proses di sana (AS) terkait pertanyaaan teman-teman (wartawan), sudah saya kembalikan. Saya sudah kembalikan, silahkan tanya kepada yang berwenang. Coba lihat tampang saya, masih Padang kan? Bahasa Indonesia saya juga medok Padang-nya,” ucap Candra. (SP/diolah dari berbagai sumber)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close