Ekonomi

Mentan Panen Raya Jagung 400 Ribu Ton di Tuban

TUBAN, SENAYANPOST.com – Budi daya pertanian jagung kembali menghasilkan panen. Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan panen raya jagung di wilayah pertanian yang ada di lahan Perhutani, Desa Talun, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jumat (15/2/2019).

Hasil panen raya Jagung di wilayah Kabupaten Tuban pada bulan Februari 2019 ini sangat melimpah. Dari hasil pertanian di seluruh Kabupaten Tuban itu menghasilkan sekitar 400 ribu ton.

“Tuban ini akan panen 50 ribu hektar di bulan ini. Total sekitar 400 sampai 500 ribu ton, ini baru dari satu kabupaten saja,” terang Mentan Andi Amran Sulaiman, saat panen raya jagung di Tuban.

Dengan adanya panen raya jagung di Tuban itu menepis adanya isu import jagung yang selama ini banyak tersebar. Bahkan, sejumlah kabupaten di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada bulan Februari 2019 ini juga mengalami panen raya.

“Dulu itu kita import, sekarang kita ini sudah bisa eksport Jagung. Jadi jangan dipolitisir kalau kita ini masih import, jangan sakiti para petani kita. Petani sudah berprestasi,” tegas Amran saat panen jagung di Tuban.

Amran menjelaskan bahwa pemerintah sudah bisa eksport Jagung sebesar 380 juta ton. Yang mana jagung Indonesia itu biasanya dikirim ke Filipina dan juga negera-negara lainnya untuk kebutuhan pakan ternak.

“Tahun lalu kita sudah ekspor 380 ribu ton. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ekspor sudah bisa tembus 500 ribu ton,” lanjut Mentan tersebut.

Selama ini yang menjadi wilayah lumbung jagung dan menjadi andalan Indonesia adalah wilayah Gorontalo, Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Jawa Timur termasuk Tuban. Sedangkan kebutuhan jagung nasional setiap tahunnya sebanyak 17 juta ton jagung. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close