Nasional

Mensesneg: Anggaran Tas Sembako Sudah Ada Sejak Presiden Sebelumnya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pihak Istana Negara angkat bicara, terkait anggaran tas sembako Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang disebut mencapai Rp3 miliar.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, anggaran itu masuk dalam pos Kepresidenan. Namun, itu bukan anggaran baru yang dibuat saat Jokowi menjabat Presiden RI.

“Jadi, ada pos anggaran, namanya bantuan sosial Presiden. Itu, sejak zaman dulu kala juga sudah ada. Jadi, cuma penggunaannya saja yang berbeda-beda,” ujar Pratikno di Gedung Krida Bhakti, Kemensesneg, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Seperti diketahui, anggaran untuk tas sembako ini menjadi ramai. Karena, dianggap sebagai salah satu bentuk kampanye yang dilakukan Jokowi, yang kini akan diusung kembali pada Pilpres 2019 mendatang.

Namun, Pratikno memastikan, Presiden Jokowi tidak membuat anggaran baru, apalagi soal tas sembako. Hanya penggunaannya saja yang berbeda, dari Presiden RI sebelumnya.

“Jadi, itu bukan pos yang baru, sama sekali tidak. Ini adalah pos yang sudah sejak lama, sejak Presiden yang terdahulu. Tapi kan, bagaimana bentuknya itu yang bentuk penggunannya kan berbeda-beda,” ujar mantan rektor UGM itu.

Sementara itu, mengenai berapa nilainya, Pratikno mengaku tidak tahu. Namun, yang membedakan pos anggaran Presiden dengan yang sebelumnya adalah transparansi. Sehingga, kata dia, publik bisa tahu berapa nilai anggaran untuk pos Kepresidenan.

“Kalau pak Presiden menggunakan terbuka, ini kan semua orang tahu siapa yang menerima dan akuntabel, ada sistem administrasinya.”

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close