Menpora: Nyalakan Semangat Olahraga untuk Kebangkitan Bangsa

Menpora: Nyalakan Semangat Olahraga untuk Kebangkitan Bangsa
Diskusi Hari Olahraga Nasional.

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali  mengajak masyarakat meramaikan perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020, yang akan dilaksanakan Rabu (9/9) besok, di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur.

Menurut Menpora, Haornas tahun ini mengambil tema Sport Science, Sport Tourism dan Sport Industry. Ini sangat penting  untuk olahraga Indonesia ke depan. 

"Ketiganya memiliki peran yang besar untuk kebugaran, prestasi dan perekonomian kita," kata Menpora pada acara Talk Show FMB 9 (Forum Merdeka Barat 9),  di Wisma Kemenpora, Jakarta,  Selasa (8/9/2020).

Pada Acara yang mengambil tema “Peningkatkan Kebugaran dan Prestasi Olahraga dengan Dukungan Sport Science, serta Pemberdayaan Ekonomi melalui Pengembangan Sport Toursm dan Sport Industry" ini, Menpora RI tidak sendiri, kali ini ditemani Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Saya melihat salah satu penyebab prestasi olahraga kita belum optimal karena masih minimnya dukungan sport science pada proses pembinaan atlet-atlet muda dan elit," katanya.

Karena itu, lanjutnya, ke depan kami dorong cabor-cabor untuk mengoptimalisasi sport science dalam pembinaan cabang olahraga.

Ia menambahkan, hal ini sudah kami lakukan bersama-sama dengan PSSI bahwa untuk persiapan timnas U-19 kita support dengan dukungan sport science yang biasa diterapkan oleh negara-negara langganan Piala Dunia.

Sementara untuk pengembangan Sport Tourism dan Sport Industry sekarang ini butuh dukungan banyak pihak. 

Kita tahu pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang luar biasa bagi para pelaku sport tourism dan sport industry di Indonesia," katanya.

Akibatnya, tambah Menpora, banyak berbagai kegiatan olahraga yang ditunda dan dibatalkan, begitu juga pelaku industry olahraga yang harus tutup karena lesuhnya perekonomian. 

Melalui momentum Haornas ini kami berharap Sport Tourism dan Sport Industry dapat bergelut kembali agar turut serta menstimulasi pertumbuhan ekonomi. (Jo)