Nasional

Menpan-RB: Tahun Depan Ada Kekosongan ASN

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ada potensi kekosongan aparatur sipil negara (ASN) yang cukup besar untuk segera diisi sampai awal tahun depan. Karena ada 200 ribu-an ASN yang pensiun di tahun 2018 dan awal 2019.

“Itu harus diakui harus dipenuhi, kalau tak dipenuhi terus siapa yang bekerja?” Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin saat berkunjung ke Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Selasa (20/11/2018).

Ia menambahkan, ekspektasi terhadap jumlah dan kualitas pegawai baru yang sedang dijaring lewat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tak tercapai. Banyak di antara mereka yang ternyata berguguran sehingga kebutuhan pegawai baru masih cukup besar.

Kebutuhan yang besar ini mendorong Kementerian PAN-RB melakukan sedikit perubahan dalam penerimaan CPNS.

“Tak ada menurunkan grade. Grade-nya tetap, tapi (kebutuhan) ini harus dilihat,” ujarnya.

Syafruddin sebelumnya sempat berujar bahwa muncul kemungkinan standar kelulusan tes CPNS 2018 diturunkan. Hal ini dikarenakan tingkat kelulusan dalam tahap seleksi kemampuan dasar (SKD) masih berkisar 10 persen.

Pada Selasa pekan lalu (13/11), Syafruddin menjelaskan saat ini ada 2,8 juta peserta yang ikut tahap SKD. Peserta yang telah menyelesaikan tes ada sekitar 60 persen atau 1,7 juta orang.

Selanjutnya dibutuhkan sekitar 714 ribu orang yang lolos SKD dan melanjutkan ke tahap seleksi kemampuan bidang (SKB). Total kebutuhan PNS yang dibutuhkan jajaran pemerintah pusat maupun daerah total mencapai 238 ribu orang. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close