Nasional

Menkumham: UU Terorisme Harus Digunakan dengan Bertanggungjawab

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menkumham Yasonna Laoly berharap proses pengundangan bisa dilakukan dalam waktu dekat. Menurutnya saat ini UU hanya tinggal diteken oleh Presiden Jokowi dan kemudian dikirimkan lagi ke DPR.

“Saya kira pengundangannya bisa dalam waktu dekat. Setelah itu ditandatangani Pak Presiden, dikirim oleh DPR sesuai mekanisme peraturan yang ada, lalu berlaku,” tegas Yasonna seusai pengesahan UU Terorisme di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Selain itu, diharapkan seluruh instansi terkait dapat mempergunakan undang-undang ini dengan bertanggungjawab. “Kita harap ini bisa digunakan secara bertanggungjawab oleh Polri, Densus, BNPT, dan nanti TNI bersama-sama. Juga jaksa kalau dia akan menuntut dan hakim kalau dia akan memutus,” ungkap politisi PDIP itu.

UU ini juga dapat mencegah dan mengurangi tindak pidana terorisme. Sebab, aparat kini memiliki kewenanagan untuk mencegah aksi terorisme. “Jadi, kalau ada perbuatan persiapan, semua sudah bisa dimungkinkan oleh UU ini,” katanya singkat. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close