Lintas Daerah

Menko Maritim Beri Kuliah Umum di UIN Raden Intan Lampung

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Menko Maritim Jendral TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan memberikan Kuliah Umum di Gedung Serba Guna (GSG) UIN Raden Intan Lampung, Bandarlampung, Provinsi Lampung, Selasa (4/9/2018).

Kuliah umum ini diikuti ribuan mahasiswa baru dari berbagai jurusan, di antaranya fakultas dakwah, fakultas tarbiyah, fakultas usuludin, fakultas syariah, dan fakultas ekonomi dan bisnis (FEBI) menghadiri kuliah umum tersebut.

Terkait dialog yang juga dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan pejabat daerah Lampung itu, Ketua Yayasan Alfian Husin Andi Desfiandi, menjelaskan, saat ini perlu kembali ditanamkan nilai-nilai kebangsaan, dimana generasi muda di era disrupsi teknologi sekarang kurang peduli akan sejarah Indonesia.

“Kita memandang perlu adanya pemahaman kembali nilai-nilai kebangsaan di semua kalangan karena mereka hanya mempelajari sejarah tanpa tau makna dibalik sejarah itu sendiri,” kata dia.

Di lain pihak, Ketua Pelaksana Kegiatan Dialog Nasional Ary Meizari Alfian, mengatakan hadir juga sebagai narasumber Elvyn G. Masassya, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II, Slamet Widodo (Kepala L2DIKTI Palembang), dan Zulkarnain Lubis, Guru Besar IIB Darmajaya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah Y Alfian, mengatakan, dialog nasional ini diselenggarakan untuk menggugah dan membangkitkan semangat pemuda agar dapat mengamalkan nilai-nilai kebangsaan sehingga mewujudkan tujuan pemerintah agar menjadi Indonesia bermartabat.

Ia juga menambahkan, perguruan tinggi mempunyai peranan penting dalam membentuk karakter pemuda. Tujuannya, bagaimana menanamkan nilai-nilai persatuan bangsa di kalangan generasi muda.

“Dengan hadirnya menteri ini memotivasi para pendidik untuk terus menanamkan nilai-nilai cinta tanah air kepada mahasiswa. Dan, mahasiswa mampu meningkatkan persatuan, dan meningkatkan nilai-nilai spiritual yang diajarkan dalam nilai-nilai Pancasila,” jelasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close