Ekonomi

Menko Darmin: Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2019 diprediksi naik tipis apabila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebesar 5,06 persen. Dia menyebut, kisaran pertumbuhan ekonomi Indonesia bakal berada di atas 5,1 persen.

“Mestinya dia (pertumbuhan ekonomi kuartal I 2019 akan di 5,1 persen atau di atas itu,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Salah satu alasannya, lanjutnya, kenapa pertumbuhan ekonomi hanya naik tipis karena di sektor pertanian sendiri masih rendah. Rendahnya sektor tersebut secara otomatis membuat konsumsi menjadi lesu.

“Liatnya mulai dari sektor pertanian itu di kuartal I 2019 mungkin belum banyak benar itu kan berakhir Maret. Sementara April puncaknya panen, jadi dari pertanian mungkin di tahun lalu kan agak melambat betul panennya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, memprediksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5,2 persen di kuartal I tahun 2019. Konsumsi bakal menjadi faktor utama yang menopang pertumbuhan ekonomi.

“Kuartal I tahun 2019 ini (pertumbuhan ekonomi) bisa mencapai 5,2 persen,” kata dia, di Gedung BI, Kamis (25/4/2019).

Dia menjelaskan, konsumsi yang tetap tinggi tersebut, didukung oleh terjaganya daya beli dan keyakinan masyarakat serta berlanjutnya stimulus fiskal, termasuk melalui bantuan sosial dan belanja terkait Pemilu 2019.

“Investasi sedikit melambat sejalan pola musiman awal tahun dan diprakirakan kembali menguat pada triwulan-triwulan berikutnya didukung keyakinan dunia usaha yang membaik serta proyek infrastruktur yang berlanjut,” ujarnya. (JS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close