Finansial

Menkeu Naikkan Anggaran Bencana Dua Kali Lipat Jadi Rp 15 T

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran mitigasi bencana sebesar Rp 15 triliun di tahun 2019. Hal itu sekaligus menjawab anggapan bahwa anggaran mitigasi bencana selalu mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Sri Mulyani menjelaskan, pada tahun 2018 pemerintah telah mengeluarkan dana lebih dari Rp 7 triliun untuk bencana dan di luar dari anggaran rutin Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Tahun lalu kita keluarkan lebih dari Rp 7 triliun sehingga kalau anggaran nggak hanya di BNPB yang kita tambahkan selalu dalam bentuk pengeluaran untuk on call setiap kali ada bencana dan BNPB menganggap perlu adanya suatu tindakan emergency biasanya menyampaikan on call,” kata Sri Mulyani di Komplek Istana, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Sri Mulyani menjelaskan dana on call atau siap pakai ini berasal dari anggaran Bendahara Umum Negara (BUN). Dia mengatakan jumlah dana siap pakai plus bantuan rumah pada tahun 2018 lebih dari Rp 3 triliun, namun yang terealisasi mencapai lebih Rp 7 triliun.

“Tahun depan (2019) kita mengalokasikan anggaran bencana yang ada di dalam BUN Rp 5 triliun plus tambahan Rp 10 triliun total Rp 15 triliun tahun 2019,” ujar dia.

Menurut Sri Mulyani, pemerintah juga menyiapkan program dana iuran bencana atau pooling fund. Dana ini juga nantinya berasal dari APBN dan akan dimanfaatkan oleh setiap daerah yang terkena bencana.

“Sekarang desainnya masih sedang di dalam pembahasan, di dalam rangka tujuannya adalah untuk bisa tiap Pemda memiliki paling tidak kepedulian dan kapasitas pendanaannya bisa kita bangun dari awal,” ujar dia.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close