Nasional

Menkes Siagakan 6.047 Layanan Kesehatan 24 Jam di Jalur Mudik

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Layani kesehatan pemudik, Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengatakan, pihaknya akan menyediakan sekitar 6.047 fasilitas layanan kesehatan selama musim mudik Lebaran 2019. Seluruh fasilitas ini berada di sekitaran jalur mudik dan siap melayani selama 24 jam.

Ribuan fasilitas layanan kesehatan itu terdiri dari, 4.210 puskesmas, 144 rumah sakit rujukan, 375 rumah sakit sekitar Pantura, 188 public safety center, 207 KKP, dan 923 pos kesehatan.

“Itu fasilitas untuk 34 provinsi selama mudik Lebaran. Semua bantuan, baik posko kesehatan, puskesmas dan rumah sakit tetap akan berjaga. Selain itu, kami juga ada layanan 119 yang bisa dimanfaatkan apabila darurat,” kata Menkes Nila di Surabaya, Minggu (12/5/2019).

Nila menambahkan, pihaknya juga akan menyediakan motor ambulan untuk mempercepat evakuasi para pemudik yang sakit atau kelelahan. Khususnya, saat mengalami kemacetan di jalur tol. Menurutnya, dengan motor akan memudahkan petugas untuk menjangkau para pemudik.

Motor ambulans ini akan disediakan di setiap pos layanan kesehatan. Termasuk di pos kesehatan yang ada di pintu exit tol, jalur tol operasional dan fungsional, jalur non-tol, hingga tempat wisata.

“Kami sudah meminta izin untuk pengoperasian motor dalam jalur tol. Gunanya motor ini sebagai ambulan untuk mempercepat evakuasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Menkes Nila.

Menkes mengimbau, agar para pemudik yang menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi untuk menjaga kesehatan selama perjalanan. Ia juga meminta para pengemudi selalu waspada dalam membawa penumpang pulang ke kampung halamannya masing-masing.

“Kami sudah sediakan posko kesehatan dan jangan sungkan untuk mampi bila memang kondisi tubuh kurang prima. Boleh istirahat dan yang terpenting adalah jaga kebersihan. Misalnya beli makan atau jajan di pinggir jalan, harus teliti bersih apa tidak,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim Kohar Hari Santoso. mengatakan, rencana mudik harus disiapkan secara matang, baik kondisi tubuh dan beberapa kebutuhan yang akan dibawa.

Berkaca dari mudik lebaran sebelumnya, kata dia, rata-rata pemudik banyak yang mengalami dehidrasi hingga gangguan saluran pernapasan. Oleh sebab itu, dia agar membawa bekal yang cukup termasuk obat-obatan yang biasanya diminum.

“Ada berbagai macam keluhan ya tahun lalu itu. Terutama mereka kelelahan, terus dehidrasi, gangguan saluran pernapasan, sampai gangguan saluran pencernaan. Untuk persiapan secara umum sudah kita lakukan. Seperti mendatangi pengemudi bus dan melakukan pemeriksaan. Serta sosialisasi ke masyarakat,” kata dia.

Di Jatim, ada 239 rumah sakit, 924 puskesmas, 243 tambahan pos pengamanan, dan 178 klinik, yang disiagakan selama Lebaran 2019. Rencananya, posko kesehatan akan mulai dibuka mulai H-10 Lebaran. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close