Kesehatan

Menkes: Rumah Sakit Mestinya Sedikan Pelayanan Terpadu Lansia

SUMSEL, SENAYANPOST.com – Seiring dengan membaiknya indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia, rumah sakit semestinya dirancang memiliki pelayanan terpadu khusus untuk pasien golongan lanjut usia (lansia).

“Pelayanan khusus terpadu untuk pasien di atas 60 tahun (geriatri) saat ini baru tersedia di 12 provinsi. Sehingga pemerintah akan terus mendorong setidaknya ada tambahan lagi pada tahun ini,” jelas Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, seusai meresmikan Pelayanan Geriatri di RS Dr Mohammad Hosin, di Palembang, Rabu (9/5/2018).

Ia mengatakan, penduduk usia lanjut jika tidak diurus bakal jadi masalah pada masa datang karena diperkirakan bakal terus meningkat jumlahnya.

Adanya layanan geriatri ini diharapkan dapat memudahkan mereka karena nanti pelayanan kesehatannya bersifat terpadu.

Negara memiliki perhatian terhadap kaum manula ini karena berdasarkan data BPS tahun 2015 menunjukkan jumlah usia lanjut sebanyak 21 juta atau 8,2 persen dari jumlah penduduk Indonesia, dan akan terus bertambah.

Walaupun demikian, menurut dia, jika merujuk ke Jepang, Indonesia masih lebih baik. Jepang sebagai salah satu negara maju dengan IPM cukup tinggi diketahui saat ini memiliki komposisi penduduk berbentuk piramida terbalik yang menandakan jumlah penduduk usia manula lebih banyak dari usia produktif.

Indonesia sebagai negara berkembang, sejauh ini masih memiliki komposisi penduduk yang ideal namun seiring dengan kemajuan dan perbaikan pola hidup maka niscaya bakal terjadi peningkatan. Hal ini tergambar dari angka harapan hidup yang sudah di atas 70 tahun.

Oleh karena itu, ujar Menkes, pusat pelayanan kesehatan bagi manula harus diperbanyak agar manula tidak perlu lagi bolak-balik untuk melakukan pemeriksaan kesehatan karena untuk sekali datang dapat melakukan cek kesehatan untuk beberapa item.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close