Ekonomi

Menhub: Transportasi Massal, Jakarta Hemat Rp65 T

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyosialisasikan penggunaan transportasi massal berupa bus bandara Jakarta Airport (JA) Connection saat menghadiri acara olahraga pagi di kawasan Citra Garden, Jakarta Barat, Minggu (13/1/2019).

“Hari ini saya diundang untuk olahraga pagi tapi juga menginisiasi solusi untuk Jakarta. Citra Garden menyediakan shuttle bus ke bandara dengan nama Jakarta Airport (JA) Connection. Suatu fasilitas bagus sehingga masyarakat bisa bepergian dengan murah, mudah, tidak berkeringat dan tidak menimbulkan kemacetan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, urgensi transportasi massal seperti bus JA Connection ini salah satunya adalah faktor kemacetan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang sudah padat sekali.

“Dengan 30 mobil disubstitusi dengan satu bus berarti mengurangi kemacetan. Kedua, dari segi cost kalau naik mobil pasti ongkosnya lebih mahal. Ketiga, juga mengurangi kendaraan yang ada di sini. Semakin sedikit kendaraan semakin bagus, ini konsep transportasi massal yang harus dilaksanakan dan dibangun di Jakarta,” sebutnya.

Pembangunan transportasi massal di mana pemerintah pusat dan provinsi membuat MRT (mass rapid transit), LRT (light rapid transit), dan BRT (bus rapid transit) tidak akan berarti kalau masyarakat tidak mengapresiasi. Inilah alasan dirinya gencar melakukan sosialisasi.

“Harapannya di 2024-2025 semua fasilitas itu relatif sudah banyak sehingga akan mengurangi kemacetan dan mengurangi polusi, serta biaya-biaya yang lain. Dengan adanya transportasi massal itu Jakarta bisa menghemat kurang lebih Rp65 triliun per tahun,” jelasnya.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close