Ekonomi

Menhub Tegaskan Harga Tiket Pesawat Tak Bisa Diintervensi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Jokowi mengumpulkan sejumlah menteri guna membahas terkait harga avtur. Sebab, avtur menjadi komponen tertinggi dalam biaya operasional maskapai penerbangan, bahkan mencapai 40 persen.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, diharapkan jika harga avtur ini bisa lebih kompetitif maka secara tidak langsung akan mempengaruhi harga tiket maskapai.

Dari hasil pertemuan dengan Presiden Jokowi, Budi Karya menargetkan harga tiket pesawat bisa turun secepat mungkin.

“Diusahakan minggu ini (harga tiket pesawat turun),” kata Budi Karya di Istana Kepresidenan, Rabu (13/2/2019) dikutip dari Liputan6.

Budi Karya juga memastikan meski selama ini harga tiket pesawat dikeluhkan para penumpang, namun kenaikannya masih sesuai dengan koridor batas atas yang sudah diterapkan Kementerian Perhubungan.

Dia juga menegaskan, pemerintah di sini tidak bisa mengintervensi pasar maskapai penerbangan. Apa yang terjadi selama ini murni terbentuk karena pasar industri penerbangan itu sendiri.

Justru yang dilakukan pemerintah adalah memastikan industri maskapai tetap kompetitif, terus tumbuh dan harga tiket terjangkau oleh masyarakat.

“Jadi soal harha tiket ini tidak bisa diarahkan. Ini kan korporasi. Justru tidak boleh diarahkan. Berdasarkan kesadaran dan sensitivitas saja. Kita juga balance. Jadi kita pikirkan semuanya. Airlines dipikirkan, tapi masyarakat juga,” kata Budi.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close