Nasional

Menhub Prediksi Puncak Mudik Lebaran 12 Juni

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Mendekati lebaran, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik untuk bisa mengatur kepergiannya ke tempat tujuan. Pengaturan guna mengantisipasi penumpukan di pintu tol jarak pendek dan jarak panjang.

Dipaparkannya, penyelesaikan pembagunan proyek jalan tol di beberapa titik di Jawa memang sudah rampung. Tapi, ia mengimbau kepada para pemudik untuk tidak semua melakukan perjalanan pada tanggal 9 Juni 2018 atau 12 Juni 2018 saja.

Para pemudik disarankan untuk melakukan perjalanan bertahap setiap hari. Terhitung mulai dari 9-14 Juni ini. Hal ini tentunya untuk mengurangi angka kemacetan dan penumpukan kendaraan di pintu masuk dan keluar tol.

“Secara umum tol di Jawa sudah rampung diselesaikan di beberapa titik, namun dengan tingginya animo masyarakat saya lebih menyarankan untuk semua kendaraan roda empat untuk melewati jalur tol, atau mereka bisa melakukan mudik dengan bertahan tidak menumpuk di hari yang sama. Sehingga tidak terjadi kemacetan di pintu masuk atau keluar tol,” ungkap Budi Karya Sumadi, Minggu (10/6/2018).

Dinas Perhubungan Jatim beserta aparat kepolisian pun harus bekerja sama dalan berbagai hal. Misalnya mengurai arus lalu lintas yang menyebabkan kemacetan. Salah satu contoh adalah pasar tumpah dan para penjual yang memakan bahu jalan hingga terjadi kepadatan arus.

“Pasar tumpah sering kali menjadi salah satu kemacetan di beberapa titik di daerah. Maka hal ini yang harus diselesaikan oleh dinas perhubungan yang berkerja sama dengan pihak aparat kepolisian,” imbuhnya. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close