DaratTransportasi

Menhub Jonan: Pemudik Motor Tahun ini Kurang Minat dengan Mudik Gratis

Semarang – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyebutkan pemudik motor pada arus mudik dan balik tahun ini meningkat dibandingkan tahun kemarin. Namun program mudik gratis motor yang digelar pemerintah ternyata peminatnya tidak maksimal.
Hal itu diungkapkan Jonan saat meninjau Terminal Terboyo Semarang. Menteri Jonan mengatakan minat penggunaan transportasi umum pada arus mudik dan balik tahun ini meningkat terutama pesawat.
“Secara umum sih kalau angkutan udara tidak ada masalah, kalau dibagi per moda, angkutan udara terbesar, 5,6 juta sampai 5,8 juta. Lainnya lebih rendah, KA tidak sampai 4,5 juta, kapal laut 800 ribu lebih, penyebrangan 3 juta lebih, bus AKAP sekitar 4 juta lebih,” kata Jonan di Terminal Terboyo, Semarang, Selasa (12/7/2016).
“Transportasi umum meningkat 4-5 persen totalnya. Kalau motor meningkat 50 persen,” imbuhnya.
Jonan menyebutkan jumlah pemudik motor meningkat 50 persen dari tahun lalu, namun peminatan mudik gratis untuk motor tidak sesuai ekspektasi dan masih banyak pemudik yang tetap mengaspal tanpa memanfaatkan fasilitas mudik gratis dari pemerintah.
“Tahun ini program mudik gratis motor itu 30 ribu. Tahun 2015 itu kira-kira 10 ribu, naik 3 kali, sekarangg jatah 30 ribu motor tidak habis 90 persen, berarti masyarakat tidak mau memanfaatkan ini, maunya ya naik motor saja. Ya, tidak apa, harus diatur saja, nanti evaluasi,” terang Jonan.
Ketika ditanya hasil evaluasi umum terkait arus mudik, Jonan enggan berkomentar karena evaluasi secara menyeluruh baru akan digelar 18 Juli mendatang.
“Habis evaluasi ya, tanggal 18,” tegasnya.
Diketahui, Menteri Jonan hari ini melakukan tinjauan di Terminal Terboyo dan stasiun Poncol Semarang. Di terminal Terboyo, Jonan sempat mengecek langsung kondisi dua bus di terminal.
(dtc)

KOMENTAR
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close