Menhub: Jakarta–Surabaya Mesti 5 Jam 30 Menit dengan KA

20:00
373
YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan prastudi untuk pengembangan kecepatan kereta api koridor Jakarta–Sur

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan prastudi untuk pengembangan kecepatan kereta api koridor Jakarta–Surabaya.

Perjalanan kereta api yang selama ini ditempuh dalam waktu hingga 9 jam, akan dikembangkan hingga hanya memerlukan waktu 5 jam 30 menit atau bahkan lebih cepat lagi.

Kepala BPPT Unggul Priyanto dalam “Seminar Peningkatan Kecepatan Kereta Api Koridor Jakarta-Surabaya”, di Pasca Sarjana  Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Kamis, (07/12/2017), mengungkap adanya beberapa skenario yang dapat dijalankan.

Ia mengemukakan, jika membangun jalan yang baru, dengan menggunakan kereta yang sesuai dengan ukuran internasional bukan seperti yang sekarang, maka perjalanan Jakarta–Surabaya dapat ditempuh dalam waktu tiga jam.

Namun, ujarnya, dengan model lain termasuk existing, waktu tempuh sekitar lima am 30 menit sebagaimana yang disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Ia mengakui, untuk membangun jaringan baru memerlukan dana sekitar Rp 170 triliun sedangkan dengan cara existing, hanya sekitar Rp 80 triliun.

Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, pada kesempatan itu,  meminta agar kereta api Jakarta Surabaya ini, dapat ditempuh dalam waktu 5 jam 30 menit saja, atau bahkan lebih cepat lagi.

“Jakarta Surabaya selama ini dilayani Argo Bromo 9 jam. Kita ingin sekali menjadi 5,5 jam atau lima jam 30 menit. Ini suatu pemikiran dan keharusan bagi tim kajian, untuk mewujudkan itu. Ini juga visi dan misi bapak Presiden untuk meningkatkan daya saing nasional,” tandas Menhub. (AF)

Comments

comments