Menhub Jajal Operasional LRT Palembang

Menhub Jajal Operasional LRT Palembang

PALEMBANG, SENAYANPOST.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mencoba pengoperasian Light Rail Transit (LRT) dari Stasiun LRT Bandara SMB II ke Stasiun LRT Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, yang sudah dioperasikan untuk masyarakat umum, Rabu (1/8/2018).

Menteri Perhubungan meninjau sekaligus menjajal langsung perjalanan LRT Palembang, Sumatera Selatan, dari Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB) ke Stasiun Ogan Permata Indah Jakabaring, setelah dilakukan uji coba operasi secara terbatas tanpa dikenakan tarif selama satu minggu kemarin.

Menhub optimistis LRT Palembang bisa mengangkut hingga 300 penumpang setiap harinya. “Minggu lalu uji coba gratis dan terbatas, minggu ini bahkan kita upayakan bisa digunakan dengan kapasitas yang lebih,” ujarnya.

Selama uji coba, LRT Palembang belum dengan kecepatan penuh, sehingga waktu tempuh dari Stasiun Bandara ke Jakabaring masih 60 menit karena kecepatan yang seharusnya diturunkan sampai 10 persen. Nanti jelang Asian Games, kecepatan itu akan kembali pada rencana 41 menit, lebih cepat.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menerima subsidi senilai Rp99,28 miliar untuk pengoperasian LRT Palembang pada periode 1 Juli sampai 31 Desember 2018.

Dengan subsidi tersebut, tarif LRT Palembang diberlakukan sesuai jarak, yaitu sebesar Rp10.000 untuk jarak jauh (perjalanan dari Stasiun Bandara hingga Stasiun Jakabaring) dan Rp5.000 untuk jarak dekat (perjalanan dari stasiun setelah Stasiun Bandara).