Mengintip Isi Dompet Cristiano Ronaldo, Kalahkan Messi 

Mengintip Isi Dompet Cristiano Ronaldo, Kalahkan Messi 
Ronaldo

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masih jadi bintang sepak bola termahal di dunia.

Ronaldo baru saja merumput kembali bersama klub lamanya, Manchester United, mengikuti Lionel Messi yang hengkang dari Barcelona ke PSG.

Tak hanya bertarung di lapangan, keduanya juga kerap dipersandingkan dalam hal kekayaan alias isi dompet. Forbes melansir, kembalinya Ronaldo ke MU telah membuat bintang sepak bola asal Portugal itu, kembali ke puncak teratas daftar pemain termahal.

Cristiano Ronaldo menggeser Lionel Messi ke posisi kedua. Seperti apa isi dompet keduanya dan merek-merek apa yang iklannya mereka bintangi, sehingga jadi sumber pendapatan mereka?

Penghasilan Ronaldo Kalahkan Messi

Forbes mencatat, kepindahan Cristiano Ronaldo ke Manchester United menghasilkan bayaran USD 125 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun. Pendapatan sebelum dipotong pajak itu, termasuk gaji dan bonus dari MU yang sebesar USD 70 juta atau setara Rp 997 miliar.

Jumlah itu melampaui yang diperoleh Lionel Messi dari kepindahannya ke PSG, yang bernilai USD 110 juta atau setara Rp 1,6 triliun. Tapi gaji dan bonus yang diterima bintang sepak bola Argentina ini dari PSG, lebih besar dibandingkan Ronald, yakni USD 75 juta.

Merek Ternama di Belakang Ronaldo dan Messi

Selain dari uang kontrak, gaji, dan bonus yang diberikan klub masing-masing, sederet merek kelas dunia menjadikan Ronaldo dan Messi sebagai bintang iklan. Tentu saja ini menambah isi dompet Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Foto: REUTERS© Disediakan oleh Kumparan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Foto: REUTERS
Ronaldo punya kontrak iklan dengan Nike, Herbalife, dan Clear. Brand 'CR7' sendiri menjadi salah satu sumber penghasilannya, terafiliasi dengan produk parfum, pakaian dalam, kacamata, hotel, gym, dan banyak lagi.

Sementara Lionel Messi punya kontrak komersial dengan Adidas, Pepsi, pembuat jam Jacobs & Co, dan Budweiser yang baru saja kontraknya dia dapatkan pada 2020 untuk tiga tahun ke depan.

Ronaldo Ungguli Bintang Olah Raga Lain

Tak heran jika banyak merek terkemuka, terpikat menjadikan Ronaldo bintang iklan mereka. Dia punya aset digital berupa lebih dari setengah miliar pengikut di sosial media. Yakni mencakup pengikut di Facebook (149 juta), Instagram (344 juta), dan Twitter (94,3 juta).

Forbes menempatkan Cristiano Ronaldo sebagai atlet termahal tahun ini. Bahkan di antara bintang cabang olah raga lainnya, nilai kontrak yang Ronaldo peroleh tertinggi dibandingkan yang diperoleh Tom Brady dari NFL pada 2020, LeBron James dari NBA pada tahun 2018, dan Bryce Harper dari MLB pada 2019.

Sementara gaji dan bonus yang diperoleh Cristiano Ronaldo dari Manchester United, hanya bisa didekati oleh tiga atlet cabang olah raga lain, selain Lionel Messi tentunya. Mereka adalah Roger Federer (Tenis) yang meraup USD 90 juta, LeBron James (Basket NBA) yang meraup USD 65 juta, dan Tiger Woods (Golf) yang meraup USD 60 juta.