Nasional

Menghilang 25 Tahun, Yudhis Citra Muncul dengan Lelang Lukisan untuk Amal Longsor di Depok

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Nama Yudish Citra Hendrianto mungkin cukup asing di telinga seniman dan pecinta seni era milienial saat ini. Wajar saja, karena memang pelukis berprestasi era 90an ini sempat menghilang alias memutuskan berhenti melukis selama kurang lebih 25 tahun. 

Padahal di masanya, Yudhis Citra merupakan pelukis yang sangat disegani dan dikagumi oleh para kritikus dan pecinta seni lukis, berkat karya-karyanya yang penuh makna dan fenomenal.

Tak hanya itu, murid langsung dari pelukis legendaris tanah air, Affandi dan Basuki Abdullah ini, telah mendapatkan banyak penghargaan, tidak hanya di level nasional, bahkan internasional. Total sudah 135 penghargaan yang ia raih dari tahun 1980-an hingga 1990-an.

Tercatat 15 kali Yudhis Citra melakukan pameran tunggal di tempat-tempat bergengsi, seperti hotel Hilton jakarta pada tahun 1991 dan hotel Indonesia pada tahun 1995. Kolektornya pun banyak dari kalangan pejabat bahkan istana. 

Karya-karyanya tak sedikit pula menjadi koleksi keluarga cendana. Pasalnya, istri dari orang nomor satu di Indonesia saat itu, yakni Ibu Tien Soeharto menjadikan karya-karya lukisan Yudhis Citra sebagai koleksi favorit di kediamannya.

Pasca pameran tunggalnya di Hotel Indonesia, Yudhis Citra memutuskan berhenti melukis, dengan alasan yang sangat privasi. Selama kurang lebih 25 tahun, Yudhis Citra menutup rapat lembaran hidupnya sebagai pelukis tersohor negeri ini. Bahkan di lingkungan kerja dan keluarganya pun, ia rahasiakan statusnya sebagai pelukis.

Kini, setelah 25 tahun vakum , Yudhis Citra memutuskan untuk kembali berkarya. Kemunculan karya perdananya di muka umum, akan hadir dalam kegiatan amal “Peduli Longsor Depok” Jawa Barat ini.

Dalam acara yang akan digelar pada 8 Februari 2020, di Mall Pesona Square Depok itu, Yudhis Citra akan melelang karya perdananya di tahun 2020, pasca menghilang selama 25 tahun. Hasil lelang lukisannya itu akan didonasikan sepenuhnya untuk musibah longsor di beberapa wilayah kota Depok.

Selain lelang lukisan karya Yudhis Citra, kegiatan yang terbuka untuk umum itu akan dimeriahkan dengan parade nasyid. Total ada 20 tim Nasyid yang akan tampil, diantaranya tim Nasyid Legendaris tanah air, yakni SNADA dan tim nasyid milenial, ALEEHYA.

Masyarakat pecinta lagu-lagu bernuansa religi pun bisa menikmati langsung konser nasyid secara gratis di atrium Pesona Square Depok. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close