Politik

Mengenal Tetty Paruntu, Bupati Minahasa Selatan yang Dipanggil Jokowi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu mendatangi Istana Kepresidenan pada Senin (21/10/2019) pagi. Dia terlihat mengenakan setelan kemeja putih dan celana hitam.

Tetty Paruntu, sapaannya, merupakan kepala daerah incumbent di daerah tersebut. Politisi Partai Golkar ini sebelumnya terpilih dan kembali dipercaya rakyat dalam Pilkada Serentak 2015, untuk melanjutkan kepemerintahan periode 2015 – 2020.

Wanita yang lahir di Kota Manado, 25 September 1967 ini dianggap sebagai kepala daerah yang modis. Terlihat dari gayanya saat mendatangi Istana Kepresidenan dengan kacamata hitam melekat di wajah. Rupanya, Tetty dinobatkan sebagai Best Dressed Woman oleh Lions Club International pada 2007.

Penampilannya berbanding lurus dengan kecerdasan. Perempuan berusia 52 tahun ini mengeyam pendidikan sejak usia remaja di Nottingham dan London, Inggris. Dia kembali ke Indonesia pada 1990 dan Tetty melanjutkan studi di Institut Pengembangan Sumber Daya Manusia Mayagita – LPI.

Putri dari pasangan Jopie Paruntu dan politikus Jenny Y Tumbuan itu berkecimpung sebagai pengusaha, politisi dan pekerja sosial. Di bidang pengusaha, dia memegang jabatan penting di sejumlah perusahaan. Salah satunya, Presiden Direktur PT Puspita Adhiniaga Indonesia.

Sedangkan dalam urusan politik, tidak lama setelah bergabung dengan Partai Golkar, dia menjabat sebagai fungsionaris DPP Partai Golkar, merangkap Wakil Bendahara I Partai Golkar Sulawesi Utara (Sulut), hingga saat ini dipercaya partai menjadi seorang bupati.

Kemudian di bidang sosial kemasyarakatan, kiprah alumni Universitas Sam Ratulangi Manado ini tercatat aktif dalam beberapa organisasi masyarakat. Antara lain Eugenia Ministry, Lions Club Jakarta, dan KNPI Jakarta Selatan.

Namun di tingkat Provinsi Sulut dan sebagian wilayah Sulawesi, wanita yang juga ditunjuk sebagai Bendahara Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini sudah terbilang sudah sangat familiar.

Dia juga digadang-gadang berhasil mengembangkan Kabupaten Minahasa Selatan. Karena itulah, pemerintah pusat memberikan penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara kepada Tetty. Apresiasi tersebut diberikan karena dia dinilai memiliki perencanaan pembangunan terbaik.

Kabupaten Minahasa Selatan sendiri dikategorikan memiliki Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) terbaik se- Sulawesi Utara. Tetty pun dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerahnya tersebut.

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close