Lintas Daerah

Mendikbud Targetkan 2018 Bangun 20 Sekolah Berbasis Sepak Bola

MALANG, SENAYANPOST.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menargetkan tahun ini ada 20 sekolah baru berbasis olahraga dengan fokus sepak bola. Salah satunya, SMP Aji Santoso International Football Academy (Asifa) di Jalan Griyashanta, Kota Malang.

SMP ini diharapkan melahirkan bakat-bakat baru pesepakbola tanah air. Menurut Muhadjir, hal itu untuk medongkrak prestasi Timnas Indonesia yang tertinggal jauh dengan negara-negara di Asia.

“Kita kerjasama dengan PSSI dan KONI untuk mencari, melacak bibit unggul dan kita bina terus menerus sehingga bisa jadi pesepakbola profesional,” kata Muhadjir, Sabtu (12/5/2018).

Muhadjir berencana menjadikan SMP Asifa sebagai pilot project sekolah berbasis olahraga di Indonesia. Kementerian pendidikan ingin menyiapkan pemain sepak bola profesional sejak dini.

“Supaya tidak terus tertinggal dengan negara lain, masak dengan jumlah penduduknya 260 juta kalah terus dalam pertandingan sepak bola dengan negara lain,” ujar Muhadjir.

Muhadjir menyebut, tahun ini ada 20 sekolah berbasis olahraga yang akan diresmikan oleh Kemendikbud. Pemain-pemain dari sekolah ini akan diikutkan turnamen mulai dari tingkat provinsi sampai nasional.

Juara even nasional akan diikutkan turnamen tingkat internasional. Muhadjir berharap, apabila menjadi pemain profesional para siswa harus berlaku seperti atlet. Sebab, masa depan pemain sepak bola dianggap lebih menjanjikan daripada menjadi seorang menteri.

“Kalau jadi pemain profesional tidak perlu diajari macam-macam. Pokoknya main sepak bola sudah. Karena kesejahteraanya sekarang bagus. Bahkan gajinya lebih tinggi dari menteri,” tandas Muhadjir. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close