Mendikbud: Semua Perguruan Tinggi Dapat Selenggarakan Pembelajaran Daring

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com  Menndikbud Nadiem Makarim menyatakan, semua perguruan tinggi dapat menyelenggarakan pembelajaran (mata kuliah) daring yang dapat ditempuh oleh mahasiswa kapan saja dan di mana saja.

“Bahkan bisa melalui proses belajar di PT lain ataupun aggregator lain misalnya I-tunes U, coursera, EdX, dan lain sebagainya.

Hal itu disamoaiakn Nadiem pada pidato tertulis sambutan Dies Natalis ke 61 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Senin (16/12/2019) di kampus setempat.

Sertifikat penyelesaian mata kuliah daring kataya, selanjutnya, dapat dialihkreditkan, atau dikumpulkan untuk pengakuan keahlian.

Karena itu, lanjutnya, lanskap pendidikan tinggi pun berubah, perguruan tinggi dalam menyelenggarakan pembelajaran daring, tidak berjalan sendiri tetapi saling berkolaborasi satu dengan yang lain (interconnectedness) untuk mencapai efisiensi, open and distance university, cyber university, badge universit.

Pada kesempatan itu, dalam pidato tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bidang Akademik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Paulina Pannen, M.Ls., Mas Menteri meminta UPN “Veteran” Yogyakarta berpartisipasi dalam transformasi pendidikan tinggi ini.

“Kita tidak mungkin melakukan business as usual, sehingga diperlukan upaya secara bersama-sama untuk menyikapi transformasi yang terjadi, agar pendidikan kita dapat berkembang maju,” katanya.

Ditegaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewujudkan pencapaian SDM Unggul melalui dua hal utama, yaitu merdeka belajar dan guru penggerak – dalam konteks perguruan tinggi “dosen penggerak”.

UPN Veteran Yogyakarta, pesannya harus dapat memerdekakan proses belajarnya, memerdekakan institusinya dari berbagai regulasi dan birokratisasi. perguruan tinggi diharapkan dapat memberi kemerdekaan kepada mahasiswa dan dosennya agar bisa lebih kreatif dan inovatif.

Dengan demikian, lulusan dan produk risetnya berdampak signifikan untuk kemakmuran rakyat Indonesia. (MU)