Politik

Mendagri: Penunjukan Iriawan Jadi Pj Gubernur Jabar Tak Langgar UU

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, pengangkatan Komjen Pol. M. Iriawan sebagai Penjabat Gubernur (Pj) Jawa Barat tak melanggar Pasal 28 ayat 3 UU Polri.

Tjahjo menyatkan, sejumlah pihak telah sengaja membangun argumen publik bahwa pelantikan tersebut melanggar UU Polri yang menyebut, anggota polisi dapat menduduki jabatan di luar kepolisian setelah mengundurkan diri atau pensiun.

“Argumen yang mereka bangun adalah seakan-akan yang dilantik sebagai penjabat gubernur adalah anggota kepolisian sebagaimana diatur dalam pasal 28 ayat 3, UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian,” kata Tjahjo kepada wartawan, Selasa (19/6).

Nah, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2002 tentang Pengalihan Status Anggota Tentara dan Anggota Kepolisian Menjadi Pegawai Negeri Sipil untuk Menduduki Jabatan Struktural, maka pengangkatan Iriawan alias Iwan Bule menjadi Pj Gubernur Jabar tidak melanggar UU mana pun.

Sesuai aturan itu, kata dia, beberapa lembaga negara dapat diisi oleh anggota TNI dan Polri tanpa harus berhenti sebagai anggota polisi.

“Termasuk menjadi Sestama Lemhanas RI (pejabat tinggi). Dan beliau saat ini tidak lagi bekerja pada insitusi kepolisian, tapi di Lemhanas RI,” jelasnya.

Tjahjo lalu mencontohkan bahwa pengangkatan Iriawan menjadi Pj gubernur sama seperti Irjen Pol. Carlos Tewu yang ketika 2017 lalu diangkat menjadi Pj Gubernur Sulawesi Barat.

“Yang bersangkutan adalah polisi aktif yang menjabat sebagai Staf Ahli Menkopolhukam (pejabat tinggi madya),” ucap Tjahjo.

Tjahjo melanjutkan, dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada juga dijelaskan bahwa orang yang bisa menjadi Pj Gubernur adalah pejabat tinggi madya, termasuk Sestama Lemhanas.

“Lex spesialis UU 10 tahun 2016 tentang Pilkada pasal 201 bahwa yang dapat diangkat jadi penjabat gubernur adalah pejabat tinggi madya. Jadi siaapapun yang menjadi jabatan tinggi madya memenuhi syarat jadi Pj gubernur termasuk (Iwan Bule) Sestama Lemhanas RI,” papar Tjahjo.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close