Nasional

Mendagri Optimistis Pilkada dan PON XX di Papua Aman

JAKARTA, SENAYANPOST.com –  Mendagri Tito Karnavian optimis penyelenggaraam pilkada serentak dan PON XX tahun 2020 di Papua akan berlangsung aman. Meski demikian perlu dipertimbangkan untuk menyiapkan aparat keamanan baik dari TNI, Polri dan masyarakat sendiri yang memadai.

Untuk pilkada sendiri semua harus merujuk pada UU dan aturan pilkada. Termasuk usulan harus orang Papua aseli untuk bupati dan walikota.

“Kalau gubernur dan wakilnya mamang harus putra aseli Papua.  Tapi untuk bupati kan tidak. Semua.haru berdasarkan UU atau UU No.21tahun 2001 tentang Otsus Papua,” kataTito saat Raker.dengan Komisi II DPR RI Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Dalam Raker yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPR Arwani Thomafi itu, Tito memgakui kalau di wilayah konflik seperti Timika, Mimika dan lainnya yang selama ini sering terjadi penembakan kelompok bersenjata (KKB), tapi tak boleh takut.

“Kami harus tetap optimis dan negara tak boleh takut oleh separatis. Saya yakin akan aman,” ujarnya.

Menurut selama ini juga pilkada aman-aman saja.Di Jayapura dan daerah lain sudah pilkada dan masalah selalu bisa diselesaikan dengan damai.

“Jadi meski ada ancaman, negara tak boleh kalah demgan sparatis,: ungkapnya.

PON

Demikian pula dengan PON yang akan digelar di Papua pada 20 Oktober hingga 20 November. Pemprov Papua sudah memegaskan siap termasuk venue-venuenya untuk suksesnya PON yang pertama kali di gelar di tanah Papua tersebut.

Hanya saja untuk 10 cabang olah raga (cabor) akan dipertandingkan di Jawa Timur.Gubernur Papua dan Gubernur Jatim sudah sepakat. Namun Khofifah Indar Parawansa hanya mampu memgganggarkan Rp50 miliar selebihnya akan diminta ke pusat.

Untuk 10 Cabor itu sudaj dibicarakan dengan Menpora RI dan pimpinan KONI, namun kata Tito, apalak akan tetap dipertandingkan atau tidak saat ini masih terus dikomunikasilan.

“Yang pasti sebanyak 37 Cabor di Papua. Kalau pun ada yang di Jatim, pembukaan dan penutupan PON tetap di Papua,” pungkasnya. (WS)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close